Image

Pil PCC Belum Masuk Kategori Narkotika, BNN Gandeng BPOM Razia Apotek

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 512 1826841 pil-pcc-belum-masuk-kategori-narkotika-bnn-gandeng-bpom-razia-apotek-v0hWlpjWKg.jpg Kepala BNN Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru (Foto: Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG - Terbongkarnya pabrik pil PCC (paracetamol, cafein, dan carisoprodol) di rumah mewah Semarang dan Solo membuat sejumlah kalangan meningkatkan kewaspadaan. Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng akan menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan razia di apotek-apotek.

“Kasus tersebut (pabrik pil PCC) kini masih ditangani petugas Polda Jateng karena pil PCC belum masuk golongan narkotika. Sehingga yang dikenakan adalah UU Kesehatan Nomor 23 Tahun 1992,” ujar Kepala BNN Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru, Kamis (7/12/2017).

(Baca Juga: Menyingkap Dalang Pembuat Pil PCC)

Menurutnya, hingga saat ini terdapat tiga pabrik pil PCC di Jateng yakni Purwokerto, Semarang, dan Solo. “BNN ikut memantau terkait peredaran penyalahgunaan PCC. Untuk di Jateng (pabrik) pertama di Purwokerto, lalu Semarang, dan Solo. Untuk mengungkap ini (pabrik pil PCC di Semarang),dilakukan pendalaman selama lima bulan,” terangnya.

Meski pil PCC belum masuk dalam golongan narkotika, namun BNN terlibat aktif untuk memantau peredarannya di tengah masyarakat. “Kita bentuk tim dengan BPOM akan melakukan razia, kita sangat mengkhawatirkan obat-obatan pil PCC yang dikemas dengan merek Zenith beredar di masyarakat. Dalam waktu dekat, akan dilakukan operasi,” tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini