Image

Kubur Impian Menjadi Kepala Desa dengan Ijazah Palsu yang Berujung Penjara

Sucipto Cipto, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 22:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 512 1826988 kubur-impian-menjadi-kepala-desa-dengan-ijazah-palsu-yang-berujung-penjara-NE6CTgRbaT.jpg Ijazah palsu (foto: Okezone)

CILACAP - SKM, Warga Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap harus mengubur jauh-jauh impiannya menjadi perangkat desa. Pasalnya, ia diketahui membuat ijazah paket C palsu.

Hal tersebut bermula ketika SKM mendaftarkan dirinya sebagai calon perangkat Desa Ayam Alas, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Setelah melengkapi administrasi, ia kemudian menyerahkan dokumen pendaftaran kepada panitia.

Setelah diperiksa, panitia merasa janggal dengan dokumen yang dimiliki SKM. Ada keanehan dari Ijazah paket C yang ia miliki. Panitia meragukan keaslian ijazah yang dimiliki SKM.

"Saat dilakukan penelitian berkas pada hari Jumat 17 November 2017 di Balai Desa Ayam Alas ternyata panitia meragukan legalitas Ijasah Paket C dari tersangka SKM " kata Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto pada Kamis (7/12/2017) ketika dihubungi Okezone.

Panitia kemudian melaporkan hal tersebut ke Polisi. Setelah melakukan penyelidikan, polisi mendapat keterangan dari SKM bahwa ia memang melakukan pemalsuan ijazah paket C yang ia miliki.

SKM juga memberi keterangan dimana ia membuat ijazah palsu tersebut. "Pelaku SKM yang hanya mempunyai ijazah SMP meminta tolong kepada pelaku ADN dan pelaku AM untuk membuatkan ijazah kejar paket C untuk pesyaratan pendaftaran perangkat desa Ayam Alas," lanjut Djoko.

ADN dan AM kemudian datang kepada AL untuk dibuatkan ijazah paket C untuk SKM. Dalam proses pembuatan ijazah palsu, pelaku AL dibantu oleh TSM dalam mencari logo hologram ijazah serta tanda tangan.

Harga pembuatan ijazah palsu tersebut adalah Rp5,5 juta. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya pelaku dijerat dengan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman hukuma di atas 5 tahun penjara.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini