Image

Maling Kotak Amal, Pria Ini Terancam 7 Tahun Penjara

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 10:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 519 1826529 maling-kotak-amal-pria-ini-terancam-7-tahun-penjara-n1kjleAqg6.jpg Pencuri kotak amal ditangkap polisi (Foto: Ist)

MALANG - Memasuki tempat ibadah, pria berinisial J (42) ini nekat mencuri kotak amal di Musala Miftahul Huda, Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Dari Keterangan Kapolsek Poncokusumo, AKP Agus Siswo Hariyadi pelaku yang merupakan warga Kelurahan Sisir, Kota Batu tertangkap basah seseorang yang akan melaksanakan Salat Zuhur sekira pukul 13.00 WIB, Rabu 6 Desember 2017.

"Saksi melihat pelaku mencongkel kotak amal dengan sebuah obeng. Lalu saksi berteriak dan warga pun berdatangan," tutur Agus, Kamis (7/12/2017).

Pelaku yang berprofesi sebagai kuli bangunan ini pun diamankan masyarakat dari dalam musala ke Balai Desa Gubugklakah.

(Baca Juga: Sarjana Spesialis Pencuri Kotak Amal Dirungkus)

Polsek Poncokusumo yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi dan, mengamankan pelaku. Beruntung pelaku tak menjadi bulan-bulanan warga sekitar.

"Dari pelaku kita amankan barang bukti, satu unit Honda Grand Astrea Nopol N 2766 Li milik pelaku, satu kotak am yang dicongkel tersangka, uang tunai sebesar 111.800 dari kotak amal, dan satu buah obeng," tambah AKP Agus Siswo.

Dari pengakuan pelaku, ia sempat menjalankan aksi serupa di wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Pelaku pun merupakan residivis yang pernah mendekam dalam penjara akibat tindak kejahatan yang sama.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini