Image

Bersih-Bersih Premanisme, 153 Orang Diamankan di Surabaya

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 519 1826971 bersih-bersih-premanisme-153-orang-diamankan-di-surabaya-dyL3QQfPrt.jpg Sejumlah orang yang diduga preman diamankan polisi (foto: Syaiful/Okezone)

SURABAYA - Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, Polrestabes Surabaya beserta polsek jajaran menggelar operasi serentak, Kamis (7/12/2017). Hasilnya, sebanyak 153 preman berhasil diamankan.

Pasalnya keberadaan mereka sangat meresahkan masyarakat. Tak jarang mereka meminta uang atau palak pada warga dengan nominal yang relatif antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Saat ini para preman tersebut sedang didata. Apakah terlibat kejahatan atau tidak. Jika terlibat tindak pidana maka akan diproses. Namun kalau tidak akan diberi pembinaan. Mereka yang diamankan bekerja sebagai tukang parkir, calo dan tukang palak.

"Kegiatan ini sebagai pembersihan premanisme. Sasarannya tukang parkir, calo dan pak ogah (tukang palak) yang suka meminta uang pada pengguna jalan," terang Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard M Sinambela.

Pembersihan premanisme di Surabaya akan terus digalakkan khususnya menjelang natal dan tahun baru. Disamping itu, premanisme tidak hanya meresahkan tapi juga menjadi embrio kejahatan jalanan.

"Dengan adanya razia ini diharapkan bisa memberikan rasa aman dan menekan pelaku kejahatan di Surabaya. Mereka yang diamankan sedang kita pilah, apabila terkait pidana kita proses kalau tidak selebihnya kita bina,” pungkas Leo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini