Image

Tak Tahan Dihujani Kotoran Manusia, Warga India Ajukan Klaim

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 19:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 18 1827413 tak-tahan-dihujani-kotoran-manusia-warga-india-ajukan-klaim-pPrx7wyJMq.jpg Ilustrasi. (Foto: News.com.au)

NEW DELHI – Hal tak biasa dialami warga di India. Warga yang tinggal di sekitar Bandara New Delhi mengaku sering kejatuhan kotoran manusia. Peristiwa itu terjadi saat pesawat terbang melewati wilayah mereka.

Mereka mengadukan hal ini kepada pemerintah setempat. Otoritas berwenang di sana pun tidak tinggal diam.

Sebagaimana diwartakan News.com.au, Jumat (8/12/2017), pengadilan lingkungan negara, National Green Tribunal (NGT), meminta sebuah komite khusus menyelidiki klaim tersebut. Komite itu terdiri dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Balai Penelitian Pemanasan Global, dan Badan Pusat Pengendalian Polusi.

BACA JUGA: Truk Angkut Tinja Meledak, Jalanan Dipenuhi Kotoran

Para penyelidik akan ditugaskan memeriksa apakah kotoran itu berasal dari manusia. NGT akan mengumpulkan sampel dan mengirimkannya untuk mengetahui apakah itu kotoran manusia atau burung.

The India Times melaporkan bahwa pengadilan tersebut juga telah meminta Dirjen Perhubungan Udara untuk melakukan inspeksi mendadak terkait pendaratan pesawat di bandara. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tangki toilet mereka tidak dalam keadaan kosong saat mendarat dan memastikan bahwa limbah tersebut tidak dibuang ke pemukiman atau tempat lain sebelum mendarat

BACA JUGA: Wow! Sekarang Orang di Kenya Senang Masak Pakai Kotoran Manusia

Limbah dari toilet pesawat terbang seharusnya disimpan di dalam tangki di dasar pesawat. Setelah mendarat, seorang awak sanitasi di bandara akan mengosongkannya.

Keluhan ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Pada tahun lalu, masyarakat di wilayah yang sama menyampaikan beberapa keluhan terkait pembuangan kotoran manusia di udara.

Penyelidikan lebih lanjut pun dilakukan. Berdasarkan penyelidikan, pengadilan menyatakan bahwa jika pesawat terbang, maskapai penerbangan, dan layanan penanganan pesawat terdaftar terbukti membuang limbah manusia di udara. Sebab, toilet ditemukan telah kosong sebelum mendarat.

Sanksi pun diberikan kepada maskapai yang terbukti bersalah. Mereka dikenai kompensasi lingkungan sebesar 50 ribu rupee atau sekira Rp10 juta.

BACA JUGA: Insinyur Ingin Ubah Kotoran Manusia Menjadi Emas

Namun ternyata, New Delhi bukan satu-satunya bandara mendapat keluhan seperti itu. Pada awal tahun ini, seorang wanita yang tinggal di bawah jalur penerbangan Bandara Internasional Salt Lake Utah mengklaim bahwa jalanan di sekitar rumahnya telah kejatuhan kotoran manusia

Kemudian pada 2014, seorang wanita di Auckland mengklaim bahwa rumahnya yang bertingkat dua dan mobil peraknya kejatuhan kotoran manusia. Limbah itu menurutnya jatuh dari pesawat yang lewat pada malam hari. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini