Image

Lindungi Diri dari Ancaman Korut, Jepang Beli Rudal Jarak Jauh

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 18 1827449 lindungi-diri-dari-ancaman-korut-jepang-beli-rudal-jarak-jauh-yi5c5oRZCM.jpg Rudal jarak jauh. (Foto: South China Morning Post)

TOKYO – Pemerintah Jepang akan membeli rudal jarak jauh untuk pertama kalinya. Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera, mengatakan pembelian ini dilakukan karena situasi keamanan nasional yang semakin parah.

"Kami akan menerapkan rudal stand-off yang mampu mempertahankan diri secara memadai saat berada di luar jangkauan lawan untuk menjamin keamanan pasukan keamanan dan membela bangsa kita secara efektif," ujar Onodera, sebagaimana dikutip dari CNN, Jumat (8/12/2017).

Menurut seorang juru bicara dari kantor Onodera, Jepang akan membeli dua jenis rudal, yakni rudal antikapal jarak jauh dan rudal dari darat-ke-udara dari Lockheed Martin. Jepang akan memasang rudal tersebut di jet tempur F-15 miliknya.

BACA JUGA: Jepang Pertimbangkan Beli Rudal yang Mampu Menyerang Korut

Tak hanya itu, mereka juga akan membeli rudal joint strike dari perusahaan Norwegia Kongsberg untuk ditempatkan di jet tempur siluman F-35 yang baru. Jet tersebut merupakan kendaraan terbaru armada Angkatan Udara Jepang.

Untuk membeli rudal tersebut, lanjut juru bicara tersebut, mereka akan mengajukan permintaan anggaran tambahan pada tahun depan.

Pembelian rudal yang dilakukan Jepang ini diyakini berkaitan erat dengan perkembangan persenjataan Korea Utara (Korut). Menurut anggota senior Federasi Ilmuwan Amerika (Federation of American Scientists), Adam Mount, rudal ini dapat membantu Jepang menyelamatkan wilayahnya.

BACA JUGA: Korut Luncurkan Rudal, Dubes Jepang: Ini Waktu yang Tepat untuk Kembali Menekan Pyongyang

Pembelian ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyarankan Jepang membeli peralatan militer seperti di negaranya. Ia menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi Tokyo belum lama ini.

Dengan rudal tersebut, jet tempur Jepang mampu menyerang target di darat ataupun laut. Mereka dapat menghalau semua serangan yang mengancam negaranya, termasuk rudal Korut yang kerap mendarat di wilayahnya.

"Ketika kami terburu-buru untuk menanggapi kemajuan Korea Utara, hampir tidak ada yang memikirkan implikasi jangka panjang untuk stabilitas regional," kata Mount.

BACA JUGA: Tegas! Beri Sanksi Tambahan, Jepang Akan Bekukan Aset Korut

Menurut Mount, pembelian ini dapat membuat hubungan Jepang dengan negara tetangganya, terutama China, menjadi tegang. Sebab, kedua negara tersebut telah bertengkar sejak lama karena isu-isu regional.

"Perkembangan pasti akan menyebabkan ketegangan baru dengan China," tukas Mount. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini