Image

E-Tilang hingga E-Samsat Cara Korlantas Polri Permudah Layanan ke Masyarakat

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 01:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 337 1827059 e-tilang-hingga-e-samsat-cara-korlantas-polri-permudah-layanan-ke-masyarakat-vPanOk5ac8.jpg Pameran teknologi digital korlantas Polri. Foto Ist

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali mensosialisasikan acara pameran modernisasi Polantas sebagai implementasi tahun keselamatan dan kemanusiaan.

Korlantas Polri sendiri mengadakan rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat melalui pengembangan basis teknologi. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi terkait lalu lintas.

Kali ini sosialisasi itu berlangsung di Mal Living World, Alam Sutera, Tangerang, Kamis (7/12/2017). Dengan menampilkan lomba duta pelajar lalu lintas yang diikuti oleh pelajar menengah se-Tangerang Selatan.

"Pameran ini bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat inovasi terbaru dari polisi lalu lintas dalam bidang pelayanan untuk mempermudah masyarakat dengan menggunakan teknologi digital," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, Jakarta.

Dalam pameran modernisasi pelayanan ini, Korlantas mensosialisasikan pelayanan SIM Online, e-Tilang, dan e-Samsat. SIM Online, sendiri memudahkan masyarakat dalam proses perpanjangan SIM secara online tanpa harus datang ke daerah asalnya.

Untuk E-Tilang, memudahkan pembayaran denda tilang dengan memanfaatkan teknologi Android dan jaringan Host to Host Real Time Online. Pelanggar bisa langsung membayar denda melalui transfer bank to bank.

Lalu, E-Samsat, memudahkan para wajib kendaraan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cepat dan praktis melalui ATM.

Sementara itu, salah satu pelajar SMAN 7 Tangerang Selatan yang mengikuti lomba, Asyifa Amanda menyebut sebagai pelajar harus bisa menjadi perwakilan keselamatan dan kemanusiaan.

"Tugas kita tidak hanya belajar tapi kita bisa menjadi pelopor keselamatan untuk kemanusiaan." ucap dia.

Acara itu dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra, perwakilan dari Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan Tangerang Selatan turut hadir sebagai dewan juri lomba Duta Lalu Lintas.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini