Image

Tinjau Lokasi Bencana Pacitan, Mensos Khofifah Apresiasi Peran Relawan

ant, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 15:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 337 1827345 tinjau-lokasi-bencana-pacitan-mensos-khofifah-apresiasi-peran-relawan-F117YM078e.jpg Mensos Khofifah Indar Parawansa (Foto: Humas Kemensos)

PACITAN - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan tim lintas batas kesetiakawanan sosial (LKBS) yang terdiri dari berbagai elemen organisasi sosial, dari depan Pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (8/12/2017).

Tim selanjutnya akan menyusuri rute selatan untuk menuju Surabaya pada peringatan puncak Hari Kesetiakawanan Nasional, 20 Desember 2017.

"Telah ada kebersamaan, kegotongroyongan. Tekad kerelawanan ini perlu dijaga oleh sikap-sikap produktivitas dan energi positif kita bersama," kata Khofifah, sesaat sebelum melepas rombongan LKBS.

Khofifah meminta agar semua elemen masyarakat dari lintas daerah, golongan, maupun agama untuk mendedikasikan energi positifnya bagi pelayanan kepada masyarakat. Hal itu ditandai dengan gerakan bersama-sama, berupa aksi gotong-royong membersihkan sisa-sisa banjir bandang dan dimulainya perjalanan tim LKBS kelompok selatan.

"Terima kasih atas tekad, ikhtiar, kebersamaan, dan kebersatuan para relawan. Selamat bertugas. Semoga kegotongroyongan ini dapat kita jaga dan tingkatkan bersama," katanya.

(Baca Juga: Petugas Temukan Korban Terakhir Bencana Banjir dan Longsor di Pacitan)

Tak cuma itu, Khofifah pun mengapresiasi signifikansi peran relawan dalam penanggulangan bencana alam dan bencana sosial di Indonesia, baik tahap kesiapsiagaan maupun layanan saat dan paska bencana.

"Apresiasi dan hormat saya kepada para relawan yang telah mendedikasikan waktu dan tenaga serta jejaringnya dalam semua proses penanggulangan bencana. Saya mohon semua elemen relawan terus menjaga solidaritas dan kesetiakawanan sosial serta menebarkannya di lingkungan sekitar dan mengajak partisipasi masyarakat menjadi relawan-relawan di berbagai bidang," tutur Mensos.

Khofifah mengungkapkan, solidaritas dan kesetiakawanan penting untuk membangun kesadaran publik mengenai pentingnya relawan mengatasi masalah-masalah sosial yang ada dalam rangka pengembangan praktik kemanusiaan berbasis kerelawanan.

"Sejarah mencatat NKRI dijaga dan dikawal oleh para relawan. Indonesia berhasil meraih kemerdekaan atas peran relawan dimana rakyat bahu-membahu bersama seluruh komponen bangsa melawan penjajah. Semua bersatu padu dengan semangat kesetiakawanan sosial yang tinggi untuk satu tujuan yakni kemerdekaan Indonesia. Setelah itu kerelawanan sangat penting untuk menjaga kemerdekaan yang telah kita raih," papar Khofifah.

Setelah diberangkatkan dengan kibaran bendera start, secara maraton tim LBKS akan menempuh perjalanan ratusan kilometer. Dari Kabupaten Pacitan menuju Kabupaten Ponorogo. Kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Trenggalek-Tulungagung-Blitar-Malang-Surabaya.

Selesai pelepasan tim LKBS, Mensos Khofifah melanjutkan kegiatan penyaluran bantuan korban bencana di Ponpes Al-Anwar, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.Khofifah bahkan menyempatkan diri melihat kondisi pondok yang sebagiannya rusak akibat terjangan banjir bandang, Senin 27 November hingga Selasa 28 November.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini