Image

'Salam Komando' dan Senyum Manis Gatot di Hari Pelantikan Hadi Tjahjanto

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 17:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 337 1827445 salam-komando-dan-senyum-manis-gatot-di-hari-pelantikan-hadi-tjahjanto-JZ2TSlvO1D.jpg Pelantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersalaman dengan Gatot Nurmantyo (Foto: Ant)

JAKARTA - Marsekal Hadi Tjahjanto resmi dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2017). Hadi dilantik untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018.

Usai dilantik dan mengucap sumpah, sejumlah pejabat tinggi negara bergiliran mengucapkan selamat kepada Hadi Tjahjanto. Mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), jajaran menteri Kabinet Kerja, anggota DPR RI hingga mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Di kesempatan tersebut, Gatot didampingi istri terlihat ikut memberikan selamat kepada mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu dengan cium pipi kiri dan kanan. Kemudian, sebagai orang dari kalangan militer, menjadi hal lazim keduanya melakukan salam komando.

(Baca Juga: Dilantik Jokowi, Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Panglima TNI)

Berlatar dari matra berbeda tak membuat keduanya sungkan karena berada di satu payung Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kedua tangan sang jenderal pun terlihat saling merekat, dan mereka menunjukkan ke hadapan publik.

Di balik salam komando, keduanya pun melemparkan senyum manis ke hadapan awak media yang tentunya disaksikan publik Tanah Air.

Pergantian Gatot sedianya memunculkan dinamika tersendiri, mulai dari cepatnya proses pergantian lantaran Gatot masih tahun depan baru pensiun. Hingga adanya mutasi 85 perwira tinggi (Pati), yang menimbulkan spekulasi Gatot ingin menempatkan orang-orangnya sebelum resmi pensiun. 

Di tengah polemik tersebut, Gatot memastikan bahwa proses mutasi tahapannya dilakukan sesuai prosedur. Bahkan, dirinya menyambut baik mengenai dipilihnya Hadi Tjahjanto sebagai pengganti dirinya memimpin kursi panglima.

(Baca Juga: Ini Tugas yang Menanti Marsekal Hadi Tjahjanto saat Resmi Jadi Panglima TNI)

"Pak Hadi cocok untuk jadi Panglima TNI dalam tahun politik, itu harus sama-sama kita yakini," kata Gatot di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 5 Desember 2017.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini