Image

Kapolda Metro Pastikan Tak Ada Sweeping Liar Saat Natal dan Tahun Baru

Badriyanto, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 337 1827490 kapolda-metro-pastikan-tak-ada-sweeping-liar-saat-natal-dan-tahun-baru-BPrPQcFsU2.jpg Kapolda Metro Jaya Idham Aziz (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis memastikan tidak akan ada aksi sweeping di Ibu Kota dari sekelompok masyarakat saat Hari Raya Natal dan perayaan pergantian tahun baru 2018. Menurutnya, ia telah memerintahkan anak buahnya untuk mempertebal pengamanan termasuk antisipasi terjadi razia liar.

"Sudah saya perintahkan Kapolres seluruhnya, untuk tidak ada yang namanya sweeping-sweeping masalah natal, itu tidak boleh," ungkap Idham di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

 (Baca: Amankan Natal dan Tahun Baru, Polda Metro Terjunkan 21 Ribu Personel)

Idham melanjutkan, sebagai antisipasinya, ia telah memerintahkan para Kapolres di wilayah hukumnya untuk menerapkan sistem jemput bola. Sedini mungkin para Kapolres itu diminta ber koordinasi dengan pimpinan Ormas di wilayah masing-masing.

"Dari seluruh Kapolres sudah jalan, sudah berkoordinasi dengan ormas-ormas setempat untuk tidak melakukan itu, kita harus memberikan jaminan bahwa perayaan natal oleh saudara kita bisa berjalan aman, lancar, tertib. Kita kan ada di negara Indonesia, semuanya dijamin oleh negara," katanya.

Idham menyampaikan, masyarakat tidak perlu melakukan sweeping karena sudah personel kepolisian yang siap mengamankan. Bahkan, Polda Metro Jaya akan menggelar operasi khusus pengamanan Natal dan tahun baru yang kemudian disebut Operasi Lilin Jaya.

Operasi Lilin Jaya itu itu mencakup tiga objek prioritas pengamanan yakni arus lalu lintas, tempat ibadah khususnya gereja, lokasi wisata hingga pengawasan rumah kosong, yang ditinggalkan pemiliknya berlibur.

"Ada di beberapa tempat, masalah arus lalu lintas, tempat objek vital, rumah-rumah yang ditinggal oleh penghuninya untuk melaksanakan kegiatan libur panjang, gereja-gereja. Semuanya kita amankan," pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini