Image

Demo Protes Pengakuan Yarusalem, Massa Minta Dubes AS Diusir dari Indonesia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 338 1827387 demo-soal-pengakuan-yarusalem-massa-minta-dubes-as-diusir-dari-indonesia-z3OLBEu6WV.jpeg Massa NU demo depan Kedubes AS di Jakarta (Fadel/Okezone)

JAKARTA – Massa dari ormas Islam berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Jakarta Pusat, memprotes kebijakan Presiden Donald Trum yang memindahkan Ibu Kota Israel dari Tel Aviv ke Yarusalem.

Mereka mendesak pemerintah Indonesia meninjau ulang hubungan diplomatik dengan AS. Jika Donald Trump tak mencabut pernyataannya soal mengakui Yarusalem jadi Ibu Kota Israel, massa minta pemerintah mengusir Dubes AS dari Indonesia.

"Bila tuntutan itu diabaikan, usir duta besar Amerika Serikat dari Indonesia," kata Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) yang juga koordinator aksi, Asep Irfan Mujahid di sela demo, Jumat (8/12/2017).

Massa menilai pernyataan Presiden Donald Trum merupakan suatu tindakan yang akan merusak dan mengacaukan perdamaian dunia.

Orator lainnya, Muslim Mubaroq mengatakan, aksi mereka lakukan di depan Kedubes AS untuk menjalankan perintah dari para Kyai NU agar AS meninjau ulang pengakuannya terhadap Yarusalem.

"Besok kita akan turun ke lapangan dengan jumlah lebih besar. Kalau NU turun ke jalan Insya Allah Dubes Amerika Serikat diusir dari Indonesia," ujarnya.

Massa mendukung kemerdekaan rakyat dan negara Palestina. Mereka mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan pengesahan keanggotaan negara Palestina secara resmi.

Dalam aksinya massa ikut mengusung spanduk, poster berisi kecaman atas kebijakan pengakuan Yarusalem dan mendukung kemerdekaan Palestina. Massa ikut membawa bendera Palestina ke depan Kedubes AS.

Selain berorasi, massa ikut membakar ban bekas di depan Kedubes AS, tapi aksi ini langsung dipadamkan polisi. Polda Metro Jaya mengerahkan 400 personel untuk mengamankan unjuk rasa tersebut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini