Image

Elpiji 3 Kg di Mempawah Langka, Harga Tembus Rp25.000 per Tabung

Ade Putra, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 03:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 340 1827083 elpiji-3-kg-di-mempawah-langka-harga-tembus-rp25-000-per-tabung-TQ8n1iN05y.jpg Ilustrasi. Foto Okezone

MEMPAWAH - Elpiji tabung ukuran 3 Kg di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat sejak dua pekan terakhir mengalami kelangkaan. Kalau pun ada, harganya tembus Rp25.000 per tabung.

"Dari kemarin cari gas, dimana-mana kosong. Ada pun, tapi harganya Rp25 ribu," kata Eko Wahyudi, warga Mempawah kepada Okezone, Jumat (8/12/2017).

Menurut pemuda 30 tahun ini, sebelum mengalami kelangkaan, harga elpiji melon hanya Rp17 ribu per tabung. Paling mahal mentok di harga Rp 20 ribu.

"Mahal sampai Rp25 ribu tak apalah. Yang penting ada gas dan bisa masak," ucapnya.

Warga Mempawah lainya, Diana juga mengeluhkan kelangkaan elpiji. Wanita 34 tahun yang mempunyai usaha rumah makan ini menerangkan, kelangkaan yang dirasakan sejak dua pekan terakhir.

"Kemarin mutar-mutar sampai di Kecamatan lain. Itu pun cuma dapat dua tabung. Tiga tabung lainnya terpaksa dibawa pulang karena tidak ada stok," ujarnya.

Diana mengatakan, setiap harinya ia menghabiskan dua tabung elpiji melon untuk memasak nasi dan lauk yang akan dijual. Sebelum kelangkaan ini, ia mendapatkan elpiji di toserba (toko serba ada) yang tak jauh dari rumah makannya.

"Tapi dua minggu ini di toko langganan saya tak dapat kiriman gas. Saya juga heran kenapa," ucapnya.

Ia pun sempat mencari elpiji melon di pangkalan gas. "Saya juga pernah ke pangkalan, namun di sana stoknya juga cepat habis. Sekali datang pengiriman, langsung habis," bebernya.

Menurut dia, sah-sah saja jika ada kebijakan untuk menaikan harga elpiji, tapi jangan sampai hilang peredaranya di pasaran. "Ini sudah menjadi kebutuhan. Kalau harga naik silakan saja. Asal barang ada. Naik harga pun kalau bisa yang sesuai," pungkasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini