nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abu Vulkanik Gunung Agung 'Hujani' Karangasem, Warga Diminta Pakai Masker

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 340 1827213 abu-vulkanik-gunung-agung-hujani-karangasem-warga-diminta-pakai-masker-mVognEqkAd.jpeg Pemukiman Warga di Dekat Gunung Agung (foto: Okezone)

KARANGASEM Gunung Agung kembali mengalami erupsi Jumat (8/12/2017) sekitar pukul 07.59 Wita. Desa Dukuh, Kubu Karangasem yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana sudah terjadi hujan abu.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana mengatakan, bahwa Gunung Agung memang mengalami erupsi dengan ketinggian asap 2.100 meter diatas kawah atau 5.200 mdpl.

Masih Berstatus Awas, Gunung Agung Kembali Keluarkan Asap

(Baca Juga: Pagi Ini Gunung Agung Kembali Meletus)

“Erupsi disertai abu vulkanik, dan kami menghimbau masyarakat ada di sekitar Gunung Agung senantiasa siap siaga dengan masker,”katanya.

Menurutnya, abu vulkanik yang menyertai erupsi utamanya jatuh di sekitar puncak. Secara visual nampak asap berwarna kelabu tebal terkenan sedang dengan ketinggian sekitar 2.100 meter di atas puncak kawah dan condong ke arah barat.

Saat ini abu tersebut sudah menyebar ke desa-desa yang dekat dengan Gunung Agung. Ketua Pasebaya, I Gede Pawana mengatakan, hujan abu sudah terjadi sejak pagi.

(Baca Juga: Gunung Agung Lagi Hembuskan Abu Vulkanik Ini Penjelasan PVMBG)

"Kami menerima laporan bahwa di Desa Dukuh, Kubu sudah terjadi hujan abu vulkanik sekitar jam 06.15 Wita," ungkap Pawana.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker dan kacamata saat erupsi menghujani kawasan Karangasem. "Untuk keamanan kami imbau warga bila keluar rumah harus memakai masker," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini