Image

Tim SAR Tingkatkan Kesiapsiagaan di Tengah Tak Menentunya Kondisi Gunung Agung

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 18:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 340 1827489 tim-sar-tingkatkan-kesiapsiagaan-di-tengah-tak-menentunya-kondisi-gunung-agung-SPwRjTS5eX.jpg Petugas memantau aktivitas Gunung Agung di pos pantau yang berada di Karangasem. (Ilustrasi, Foto: Antara)

KARANGASEM – Gunung Agung kembali memuntahkan asap bercampur abu vulkanis pada Jumat (8/12/2017) pukul 07.59 Wita. Warna asap yang pekat dan membubung di ketinggian 2.100 meter di atas puncak kawah tergolong sebagai erupsi dan bukan embusan.

Berbeda ketika hembusan Kamis (7/12/2017), visual abu tak begitu pekat. Kejadian tersebut pun tak mempengaruhi aktivitas penerbangan.

Kondisi Gunung Agung memang sulit diprediksi, PVMB masih terus memantau setiap perkembangan yang terjadi. Menanggapi kondisi tersebut Kepala Kantor SAR Denpasar, Ketut Gede Ardana mengatakan, Tim SAR selalu siap di lapangan, meskipun beberapa hari ini belum ada permintaan evakuasi.

"Bukan berarti tim SAR mengendurkan kesiapan, meskipun hari-hari belakangan ini jarang ada panggilan tugas untuk mengevakuasi. Kekuatan Alut pun masih sama tidak ada pengurangan, bahkan terus ditingkatkan kesiapsiagaan," katanya.

Pihaknya memimpin langsung briefing pagi tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Denpasar, Basarnas Surabaya, SAR Sabhara Polda Bali, TNI Yon Zipur, Damkar, potensi SAR relawan Surabaya, dan Polres Karangasem.

"Seperti apa pun kondisinya (Gunung Agung), naik turun aktivitas vulkanik, kita harus selalu siap dikerahkan. Panggilan tugas bisa kapan pun dan harus direspons cepat karena menyangkut nyawa manusia," tegasnya.

(Baca Juga: Gunung Agung Meletus, BNPB: Bali Tetap Aman!)

Terkait informasi bohong (hoax) yang beredar akan ada letusan besar, masyarakat diimbau untuk menanggapi informasi tersebut dengan cerdas.

"Ada data valid yang dikeluarkan oleh PVMBG. Di sana diberikan penjelasan tentang kegempaan, visualisasi, dan hal lainnya terkait kondisi Gunung Agung, itu sudah disosialisasikan melalui berbagai media. Baiknya jangan membuat kepanikan. Bersama-sama kita buat suasana Bali kondusif, khususnya Karangasem," tuturnya.

Berdasarkan hasil pemantauan PVMBG hari ini pada periode pukul 12.00-18.00 Wita, tercatat tentang kegempaan yakni hembusan 3 kali, low frekuensi 20 kali, vulkanik dangkal 1 kali serta tremor menerus amplitudo 1 - 2 mm, dominan 1 mm. Cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 26-30 °C dan kelembaban udara 62-81 %. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 500-1500 m di atas puncak kawah, condong ke barat.

Sementara itu, data pengungsi berdasarkan rekapitulasi dari BPBD di Posko Siaga Tanggap Darurat Gunung Agung di Tanah Ampo, hingga pukul 18.00 Wita total ada sebanyak 68.172 orang. Seluruh pengungsi itu tersebar di 226 titik.

(Baca Juga: Pagi Ini Gunung Agung Kembali Meletus)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini