nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbang ke Singapura, Mantan Presiden Zimbabwe Lakukan Perjalanan Pertama Pasca-Turun Takhta

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 00:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 12 18 1829390 terbang-ke-singapura-mantan-presiden-zimbabwe-lakukan-perjalanan-pertama-pasca-turun-takhta-ovwGHD6pTA.jpg Mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (Foto: Reuters)

HARARE - Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe bertolak ke Singapura hari ini waktu setempat. Kepergian Mugabe ini diketahui merupakan perjalanan luar negeri pertama yang ia lakukan usai tak menjabat. Ia mengunjungi Negeri Singa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebagaimana diketahui, pria yang pernah dinobatkan sebagai kepala negara tertua di dunia ini digulingkan usai memimpin Zimbabwe selama 37 tahun. Selama kepemimpanannya, ia dikenal kerap menghamburkan uang negara untuk memfasilitasi perjalan keluar negeri dengan kemewahan.

BACA JUGA: Terungkap! Robert Mugabe Tak Kuasa Membendung Air Mata saat Bersedia Lengser

Sebagaimana dinukil dari The Star, Rabu (13/12/2017), Mugabe terbang ke Singapura ditemani istri dan seorang ajudannya. Ia dilaporkan akan terlebih dulu mengunjungi Malaysia untuk menemui putri keduanya, Bona, yang menetap di sana. Kepergian ini mengindikasikan bahwa Mugabe tak akan hadir dalam kongres Parati Zanu-PF yang digelar pada Jumat 15 Desember mendatang.

Kongres tersebut diketahui diperuntukan untuk membangun dukungan terhadap Presiden Emmerson Mnangagwa sebagai capres dalam pemilu 2018. Sebuah sumber menyebutkan, Mugabe pergi ke Singapura dengan menggunakan fasilitas pesawat milik negara.

BACA JUGA: Usai Kudeta, Ultah Mantan Presiden Mugabe Dijadikan Hari Libur Nasional Zimbabwe

Sebagaimana diketahui, Mugabe mendapat jaminan keuangan dan keamanan sebagai syarat pengunduran dirinya. Mugabe sendiri pada dasarnya berencana pergi ke Singapura pada 16 November lalu. Tetapi rencana tersebut tertunda karena ia tengah disandera oleh pihak militer.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini