Image

Terima Tantangan Jokowi, Kaesang Ciptakan Aplikasi Jualan Masakan Rumahan

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 12 Desember 2017 04:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 12 512 1828865 terima-tantangan-jokowi-kaesang-ciptakan-aplikasi-jualan-masakan-rumahan-PoIRirstb4.jpg Kaesang Pangarep (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG - Putra ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menciptakan aplikasi untuk memasarkan makanan yang biasa dimasak ibu-ibu rumah tangga.

Menurut Kaesang, aplikasi bernama Madhang.id itu berawal dari tantangan ayahnya, Jokowi untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Awalnya saya ditantang bapak (Presiden Jokowi) untuk memajukan UMKM. Tapi, bapak tidak memberikan apa pun pada saya. Kebetulan mahasiswa Udinus (Universitas Dian Nuswantoro) mau membantu, dan kita bikin aplikasi ini untuk memajukan UMKM seperti ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga," kata Kaesang saat launching Madhang.id di Balai Kota Semarang, Senin 11 Desember 2017.

Dengan aplikasi yang berjalan melalui sistem operasi Android tersebut ibu-ibu rumah tangga bisa memasarkan menu makanan yang dimasak sehari-hari. Menurutnya, masakan rumahan lebih digemari dan kesehatannya terjamin dibanding makanan instan atau fast food.

"Makanan rumahan sebenarnya lebih digemari daripada makanan luar negeri. Makanan rumahan kita bisa jaga kesehatannya. Kita inginnya orang Indonesia juga memakan makanan Indonesia," lugasnya.

Pria yang aktif di media sosial itu menambahkan, banyak manfaat yang diperoleh bagi ibu-ibu rumah tangga melalui aplikasi tersebut. "Saya enggak mau ibu-ibu rumah tangga hanya ngegosip di grup WA sebarin hoax. Di sini kita manfaatkan smartphone dengan sebaik mungkin salah satunya dengan aplikasi Madhang .id dengan mengolah resep makanan rumahan sendiri, dan untuk uang jajan bagi anak-anak,” paparnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang turut dalam peluncuran aplikasi tersebut, mengapresiasi karya Kaesang bersama sejumlah mahasiswa dalam menciptakan Madhang.id.

Dia berharap, aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store itu bisa menjadi peluang usaha untuk memajukan ekonomi rakyat.

"Saya apresiasi apa yang dilakukan oleh kawan-kawan muda ini, ada Mas Kaesang dan mahasiswa yang membuat aplikasi Madhang.id. Harus kita dukung, kita dorong. Bagaimana kita memanfaatkan teknologi informasi ke hal-hal positif. Yang bisa mempercepat pelayanan masyarakat. Syukur-syukur untuk kalangan pengusaha bisa menjadi profit center,” terangnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini