Image

Buka Rakor Persiapan Bantuan Sosial Pangan, Mensos: Semoga Berjalan dengan Baik

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 15 Desember 2017, 23:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 15 337 1831185 buka-rakor-persiapan-bantuan-sosial-pangan-mensos-semoga-berjalan-dengan-baik-Ha1jOCRHzK.jpg Mensos RI Khofifah Indar Parawansa (Foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Bantuan Sosial Pangan‎. Dalam sambutannya, ia mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan perluasan subsidi pangan yang akan diberikan secara nontunai.

"Jika hari ini saudara seperti saya, tidak punya ATM dan kartu kredit, sementara nanti Keluarga Penerima Manfaatnya (KPM) sudah punya kartu ATM. Sehingga kemudian jangan sampai tidak paham ya," kata Khofifah di Hotel El Royal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (15/12/2017).

Khofifah meminta seksi Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Kemensos memastikan seluruh KPM dapat mengerti cara mempergunakan bantuan nontunai yang diberikan pemerintah. Pasalnya, bantuan tersebut akan dicairkan setiap tanggal 25 per bulannya.

"‎Itu butuh proses edukasi. Sehingga dari berbagai keterbatasan jejaring yang kita punya, mohon saudara-saudara di Koordinator Kabupatan (Korkab) dan Koordinator Kota (Korkot) membangun jejaring secara mandiri. Dalam artian berkomunikasi kepada bank penyalur di daerahnya masing-masing," terangnya.

Khofifah meminta, setiap Korkab dan Korkot yang berada di seluruh wilayah Indonesia juga berkomunikasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) yang berada di wilayah administratifnya untuk memastikan bantuan beras sejahtera (Rastra) dapat dibagikan dengan layak kepada masyarakat.

"Pastikan‎ tidak berkutu, pastikan tidak berjamur, pastikan tidak kekuning-kuningan, intinya pastikan layak konsumsi. Karena yang Bansos Rastra ini sampai ke titik distribusi belum ke titik bagi," tuturnya.

Khofifah yang juga Ketua Muslimat NU ini mengatakan, bahwa program Bantuan Sosial Pangan ini semakin mendekatkan setiap Korkab dan Korkot ‎ke surga. Betapa tidak, program kerja pemerintah yang menggunakan dana APBN lainnya memiliki gaji yang jauh lebih besar ketimbang program Bantuan Sosial Pangan Kemensos.

"Ini semakin mendekatkan kita ke surga. ‎Mudah-mudahan proses Bimtek ini bisa sangat teknis betul-betul karena pelaksaan Bansos Pangan, Bansos Rastra maupun Bantuan Pangan Non-Tunai itu sudah tinggal menghitung hari," sambungnya.

"Saya mohon kebersamaan kita untuk bisa saling mengkoordinasikan dengan baik, mudah-mudahan pelaksanaan bansos pangan ini berjalan dengan baik. Saudara akan menjadi penggerak di lini paling depan untuk memberikan layanan pangan kepada masyarakat kurang mampu ini‎," tandasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini