nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh, Ada Jubah Tembus Pandang di China

Febrianto, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 17 18 1831726 heboh-ada-jubah-tembus-pandang-di-china-4IfpPNd50V.png (Foto: Daily Mail)

BEIJING - Dalam dunia film terutama animasi, kerap kali kita melihat ada jubah tembus pandang. Apabila orang yang menggunakannya, maka orang lain tak dapat melihat obyek yang ditutupi jubah tersebut, layaknya di film Harry Potter.

Baru-baru ini, di China dihebohkan oleh sebuah video di Weibo, yang menunjukkan seorang pria menghilang di depan kamera saat ia memegang kain transparan di hadapannya.

Video tersebut hingga kini telah dilihat dari 21,4 juta orang dan menjadi viral. Video juga telah dibagi ke berbagai media berita serta Chen Shiqu, wakil kepala Departemen Investigasi Kriminal di Kementerian Keamanan Publik.

Chen berbagi video di akun Weibo pada tanggal 4 Desember, yang menyatakan bahwa 'jubah tak terlihat' bisa berguna di militer.

"Ini adalah kain buatan teknologi kuantum yang terbuat dari bahan transparan, bisa mencerminkan gelombang cahaya di sekitar orang yang memakainya sehingga bisa membuat orang itu menghilang," kata Chen seperti dikutip dari Daily Mail.

Prajurit yang mengenakan jubah ini bisa menghindari mata-mata penglihatan malam tapi apa jadinya jika penjahat menggunakan jubahnya?

Video menunjukkan pria itu membalikkan kain saat dia berdiri di tengah semak. Dia membuka jubah dan menghilang di depan kamera.

Namun, Zhu Zhensong, produser di perusahaan produksi Quantum Video mengatakan kepada Liberation Daily bahwa tidak ada yang namanya jubah tembus pandang.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa video tersebut telah diedit dan difilmkan dengan kain plastik biru atau hijau.

'Softwares seperti Adobe's After Effects, Nuke atau Blackmagic Fusion dapat mengedit latar belakang dan memadukan objek ke dalamnya. Efeknya sebelumnya pernah terlihat di banyak film laga, "kata Zhu.

Sementara pengguna web sudah antusias dengan jubah itu, beberapa melihat daun di dekat kaki pria itu bergerak tapi tidak yang muncul di kain itu. (feb)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini