Siswa di Kabupaten Klungkung Akhirnya Bisa Nikmati Angkutan Sekolah Gratis

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 12:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 18 65 1832039 siswa-di-kabupaten-klungkung-akhirnya-bisa-nikmati-angkutan-sekolah-gratis-uMnWa6jQdY.jpg Foto: Istimewa

KLUNGKUNG - Untuk memudahkan para siswa dalam mengemban ilmu di sekolah, Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali menyediakan angkutan siswa gratis.

“Angkutan gratis sudah mulai efektif beroperasi sejak November 2017 lalu dan program ini sangat disambut baik oleh orang tua siswa, Pihak sekolah dan Siswa itu sendiri," ujar Bupati Kabupaten Klungkung, I Nyoman Suwirta, Senin (18/12/2017).

Dalam tahap awal, Suwirta mengatakan, pelayanan angkutan gratis ini untuk siswa Seklolah Menengah Pertama (SMP). Sebab, ditemukan pelanggaran pengendara bermotor mayoritas oleh siswa SMP yang usianya belum cukup umur untuk memiliki surat izin mengemudi (SIM).

“Target kita adalah menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan siswa, saat ini kami mulakan pada siswa usia SMP yang sering berangkat dan pulang kesekolah tanpa memiliki SIM," tuturnya.

Suwirta mengatakan, saat ini program angkutan gratis baru dapat melayani di Kecamatan Klungkung dengan total 84 kendaraan terdiri dari mobil penumpang umum sebanyak 71 dan bus kecil sebanyak 13 kendaraan.

“Tentunya kedepan semua kecamatan akan juga merasakan fasilitas angkutan gratis ini," terangnya.

Suwirta menjelaskan, selain meningkatan fasilitas bagi para Siswa, tujuan lain dari program ini dapat meningkatkan kesejahteraan para sopir angkutan umum yang kian terpuruk.

“Para sopir angkutan juga mendapatkan manfaat dari program ini, selain mobil-mobilnya kami revitalisasi, mereka juga mendapatkan tambahan pendapatan dari program ini, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan para sopir juga,” jelasnya.

(Baca juga: Memiliki Keterbatasan Fisik Tak Halangi Ni Luh Raih Prestasi di Kampus)

Selain itu, sambung dia, kemudahan juga dirasakan oleh siswa yaitu jadwal keberangkatan angkutan yang tepat waktu “Jadwal angkutan gratis sudah disebar di titik-titik penjemputan, siswa tak lagi khawatir akan terlambat masuk ke Sekolah, dan orangtua pun tak lagi khawatir akan keselamatan anaknya” kata Suwirta.

Sementara itu, salah seorang siswa SMPN 2 Semarapura, I Komang Agus Sudayatana, mengaku senang dengan adanya angkutan gratis ini karena mengurangi biaya beban orangtuanya.

“Berangkat sekolah jadi mengasyikan bisa berangkat bersama dengan kawan-kawan dan orang tua juga sudah tak khawatir dan mengurangi beban biaya mereka," ujar Komang.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini