nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Pajak Warisan, Dua Pria Ini Putuskan Menikah Secara Gay

Febrianto, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 20 18 1833450 hindari-pajak-warisan-dua-pria-ini-putuskan-menikah-secara-gay-Y8rozzJQWG.png

DUBLIN - Dua teman laki-laki di Irlandia memutuskan menikah untuk menghindari pajak warisan. Cerita ini memang seperti komedi Hollywood, namun sebenarnya nyata.

Michael O'Sullivan, dari Stoneybatter, Dublin utara, berteman dengan Matt selama hampir 30 tahun. Keduanya berusia 80-an, dan O'Sullivan sekarang adalah juru penolong Matt dalam hal warisan rumahnya dan barang-barang lainnya.

Pasalnya, di Irlandia berlaku aturan hadiah dan warisan atas jumlah tertentu, harus dikenakan pajak. Dalam kasus Matt, dirinya harus membayar 33% kepada pemerintah.

Namun, pajak tidak berlaku untuk hadiah atau warisan bagi orang berpasangan. Jadi kedua orang tersebut memutuskan bahwa cara terbaik adalah menikah.

Dalam sebuah wawancara dengan RTE Liveline, Matt menyatakan bahwa O'Sullivan adalah sahabatnya dan mereka akan menikah.

"Karena dia akan menjadi bagian dari hidup saya, ketika saya meninggal dan apapun yang saya miliki, yaitu rumah saya, tidak akan ada masalah, dia bisa memilikinya. Jika dia harus membayar untuk menjagaku di masa tuaku. Saya pikir itu adalah hal yang sangat baik yang masuk ke kepala saya untuk mengatakan, saat ini, ini resmi," tuturnya.

O'Sullivan, merupakan duda dan ayah dari tiga anak dewasa. "Masalahnya saya kenal Matt selama 29 tahun, seusianya dengan putri saya sendiri. Dia tinggal di daerah yang sama dengan saya tumbuh dewasa, di Stoneybatter. Dan dia adalah salah satu orang terbaik yang pernah ada orang yang pernah bertemu dalam kehidupan mereka," ungkapnya.

"Matt berkata kepada saya begitu kita menikah, saya adalah pasangannya saat itu, dan jika satu pasangan meninggal dunia, rumah tersebut secara otomatis menuju ke pasangan yang lain. Aku cinta Matt, tapi tidak secara seksual," tandasnya.

O'Sullivan menambahkan bahwa anak-anaknya tidak bermasalah dengan pernikahannya yang akan datang, karena mereka juga mengenal Matt selama beberapa puluhan tahun.

Pasangan ini awalnya berencana untuk menikah pada 22 Desember, namun telah menunda upacara tersebut sampai Januari karena masalah cuaca.

Pernikahan sesama jenis disahkan dengan suara terbanyak di Irlandia pada tanggal 16 November 2015, melalui referendum yang berlangsung pada tanggal 22 Mei 2015. (feb)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini