nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Pekerja Pabrik Pingsan Keracunan Gas Amonia

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Minggu 24 Desember 2017 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 24 525 1835260 puluhan-pekerja-pabrik-pingsan-keracunan-gas-amonia-CjTuS3mzTz.jpg Ilustrasi korban keracunan. (Foto: Ist)

CIREBON – Sebanyak 30 pekerja di PT Suri Tani Pemuka keracunan gas amonia. Peristiwa itu tepatnya terjadi ketika mereka sedang bekerja di pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tersebut.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan, berdasarkan keterangan yang didapat pihaknya, insiden itu bermula saat para pekerja yang tengah melakukan aktivitas seperti biasa diperintahkan segera keluar dari ruangan, pasalnya adanya kebocoran saluran gas.

"Namun, sebelum informasi tersebut beredar kepada seluruh pegawai, puluhan pegawai mengalami pingsan yang diduga keracunan gas amonia," katanya, Sabtu 23 Desember 2017.

(Baca: Usai Santap Makanan di Hajatan, Puluhan Warga Keracunan)

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan, lanjut Yusri, petugas dan pegawai yang selamat langsung membawa para korban ke rumah sakit untuk diberi pertolongan medis. Dari keterangan yang didapat, kebocoran gas tersebut berasal dari pipa coldstorage nomor 4 yang berada di ruang produksi.

"Pihak perusahaan pun sudah melakukan upaya dengan langsung menutup keran pipa utama untuk meminimalisasi kejadian," terangnya.

Terkait alat indikator kebocoran gas, tambah Yusri, pihak perusahaan menerangkan bahwa gas amonia sifatnya mengikat O2 (oksigen) yang menyebabkan kesulitan bernapas bagi yang menghirupnya.

"Kasus ini masih dalam penanganan, dan pihak perusahaan akan bertanggung jawab atas kejadian ini," tambahnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini