Diberi Pengampunan, Mantan Diktator Peru Minta Maaf Pada Publik

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Desember 2017 02:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 27 18 1836127 diberi-pengampunan-mantan-diktator-peru-minta-maaf-pada-publik-ddpTmULUKb.jpg Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori terbaring di rumah sakit dalam pesan videonya. (Foto: Facebook)

LIMA – Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori telah menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat Peru atas segala kesalahan yang dilakukannya semasa memerintah. Melalui pesan video dari tempat tidurnya di rumah sakit, Fujimori yang baru saja mendapat pengampunan mengakui ada rakyat yang telah tertipu dan dia meminta untuk dimaafkan.

BACA JUGA: Presiden Peru Ampuni 'Diktator' Alberto Fujimori

"Saya sadar bahwa hasil-hasil selama pemerintahan saya diterima dengan baik di satu sisi, namun saya menyadari bahwa saya telah mengecewakan rekan senegaranya lainnya. Kepada mereka, saya meminta pengampunan dengan sepenuh hati,"kata Fujimori sebagaimana dilansir dari Telegraph, Rabu (27/12/2017).

Pesan itu adalah permintaan maaf pertama yang disampaikan Fujimori sejak dia divonis 25 tahun penjara atas tuduhan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) selama memerintah dari 1990 sampai 2000. Permintaan maaf itu disampaikan setelah Presiden Pablo Kuczynski memutuskan untuk memberikan pengampunan kepada Fujimori.

Pengampunan itu diberikan Kuczynski atas dasar kemanusiaan setelah Fujimori divonis mengalami penyakit yang tak dapat disembuhkan. Namun, keputusan tersebut disambut dengan kemarahan dan demonstrasi dari para korban dari pemerintahan Fujimori.

BACA JUGA: Presiden Peru Lolos dari Pemakzulan Parlemen

Para demonstran yang marah terlibat bentrokan dengan polisi dalam unjuk rasa di Ibu Kota Lima. Polisi menembakkan gas air mata ke arah demonstran setelah pada malam Natal, 24 Desember Kuczynski mengumumkan keyakinannya bahwa Fujimori tidak seharusnya menerima hukuman penuh karena penyakit yang dideritanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini