Libya Pulangkan 142 Pengungsi Kembali ke Guinea

Agregasi Antara, · Kamis 28 Desember 2017 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 18 1836918 libya-pulangkan-142-pengungsi-kembali-ke-guinea-jPoqEvgoeF.jpg Libya menerbangkan kembali 142 pengungsi Guinea ke negara mereka. (Foto: Reuters)

MISRATA - Libya menerbangkan kembali 142 pengungsi gelap ke Guinea. Operasi ini dilancarkan atas bantuan badan perpindahan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kata pejabat setempat.

Pemulangan tersebut dilakukan negara di Afrika utara itu untuk mengurangi kepadatan di pusat penahanan mereka.

Total pengungsi yang berada di pusat penahanan Libya meningkat tajam pada tahun ini setelah kelompok bersenjata menutup jalur perjalanan kapal ke Italia dari pusat penyelundupan Sabratha.

Badan Migrasi Internasional (IOM) menerbangkan pengungsi asal Guinea itu dari dua kota di wilayah sebelah barat Misrata dalam penerbangan menuju Conakry, Rabu 27 Desember.

Pemulangan terjadi setelah muncul laporan dari CNN tentang penjualan pengungsi untuk dijadikan budak, yang memicu kemarahan dunia.

Arus kedatangan pengungsi yang masuk melalui Libya telah melonjak sejak 2014. Lebih dari 600 ribu orang telah melintasi Laut Tengah menuju Italia dalam tiga tahun belakangan. Namun, arus keberangkatan dari pantai Libya menurun tajam pada Juli, ketika kelompok bersenjata di Sabratha mulai melakukan pencegatan terhadap kapal yang melaut.

Setelah terjadi bentrokan di kota barat pada September, ribuan pengungsi yang berada di dekat pantai dipindahkan ke pusat penahanan di bawah kendali pemerintah Tripoli dukungan PBB.

Amnesty International mengatakan pada bulan ini, bahwa hingga mencapai 20 ribu orang ditahan di pusat penahanan dan tunduk pada penyiksaan, kerja paksa, pemerasan, dan pembunuhan tak berlandaskan hukum.

Organisasi hak asasi lain mengatakan hal serupa dalam beberapa bulan belakangan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini