nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir dan Longsor Masih Ancam Sumsel, Masyarakat Diimbau Waspada

ant, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 28 340 1836812 banjir-dan-longsor-masih-ancam-sumsel-masyarakat-diimbau-waspada-JJ0o6qk82P.jpg Ilustrasi

PALEMBANG - Banjir dan longsor masih mengancam di beberapa daerah Sumatera Selatan terutama saat musim penghujan seperti sekarang ini.

"Hal ini karena waktu lalu terjadi banjir dan longsor di beberapa daerah akibat hujan berkepanjangan," kata Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Kamis (28/12/2017).

Lebih lanjut dia mengatakan, banjir terjadi di daerah bantaran sungai seperti di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan longsor di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan serta Muara Enim.

Sumsel memang merupakan daerah yang rawan banjir karena memang banyak daerah yang rendah. Selain itu juga Sumsel terdiri dari dataran tinggi yang sangat rawan akan bencana longsor apalagi saat musim penghujan.

"Apalagi berdasarkan laporan BMKG hujan masih akan turun hingga Maret mendatang," ujar dia.

Sehubungan itu pihaknya minta seluruh masyarakat terutama di daerah rawan banjir dan longsor untuk selalu waspada. "Yang jelas banjir dan longsor masih mengancam karena saat ini musim penghujan," kata dia.

Dia mengatakan, memang pihaknya telah menyiagakan peralatan seperti perahu karet dan alat berat dalam menanggulangi bila terjadi bencana banjir dan longsor.

Selain itu terus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana alam tersebut. "Begitu juga tim evakuasi di kabupaten dan kota selalu siaga untuk mengantisipasi bila terjadi bencana," ujar dia.

Pencegahan dini itu penting karena untuk menimalisasi korban bila terjadi bencana, tambah dia.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini