nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Libur Tahun Baru di Pelabuhan Merak

Rasyid Ridho , Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 28 340 1837062 besok-diprediksi-jadi-puncak-arus-libur-tahun-baru-di-pelabuhan-merak-Kj28zecZ74.jpg Ilustrasi Kepadatan di Pelabuhan Merak (foto: Weli Ayu Rejeki/Antara)

CILEGON - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Banten memprediksi puncak arus libur Tahun Baru 2018 akan terjadi pada Jumat 29 Desember 2017. Pada puncak arus mudik, PTASDP akan mengoprasikan kapal dengan kapasitas besar dan mempercepat proses bongkar muat.

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, kondisi di pelabuhan Merak saat ini relatif sepi, namun untuk trafik penumpang pejalan kaki, roda dua dan mobil pribadi mulai mengalir hingga puncaknya akan terjadi besok.

INFO MUDIK 2017: Begini Suasana Arus Mudik Pelabuhan Merak Dilihat dari Udara Suasana Pelabuhan Merak (foto: Antara)

(Baca Juga: Tahun Baru 2018, Kawasan Puncak Akan Gelar Car Free Night)

"Untuk trafik penumpang, roda dua dan empat diperkirakan akan mulai naik besok. Kami optimis puncak arus liburan Tahun Baru berjalan lancar dan terlayani dengan baik," ujar Fahmi, Kamis (28/12/2017).

Meskipun akan terjadi peningkatan jumlah penumpang, pihaknya tidak khawatir terjadinya kepadatan.Sebab, sudah mempersiapkan skenario layanan penyeberangan.

Sekenario dengan mengoprasikam armada kapal berukuran besar dan percepatan waktu bongkar muat kapal dari normal 60 menit menjadi 30 menit saat terjadi kondisi sangat padat.

(Baca Juga: Habiskan Tahun Baru di Pulau Dewata, JK: Bali Aman & Tenang)

"Trafik relatif masih normal hari ini, namun kita antisipasi pada Jumat (29/12) besok akan terjadi peningkatan khususnya di mobil pribadi dan penumpang pejalan kaki. Kita siap maksimalkan 6 dermaga dengan 34 unit kapal. Jika terjadi lonjakan signifikan, kembali kita gunakan kapal-kapal berukuran besar untuk meminimalisir antrian," jelasnya.

Fahmi memastikan kapasitas kapal terpasang di Pelabuhan Merak sangat memadai dalam pelayanan arus liburan Natal dan Tahun Baru 2018. Mengacu pada karakteristik tahun lalu, dipastikan tren tahun ini tidak jauh berbeda.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini