nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buaya 3 Meter Dievakuasi dari Rumah Warga Bengkalis

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 19:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 28 340 1837080 buaya-3-meter-dievakuasi-dari-rumah-warga-bengkalis-N8DJxNw0FU.jpg Buaya yang dievakuasi dari rumah warga Bengkalis. (Foto: Banda H/Okezone)

PEKANBARU - Petugas bersama warga mengevakuasi seekor buaya ganas sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram dari rumah warga. Buaya dievakuasi dari rumah Tajudin yang beralamat Jalan Kayangan, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Evakuasi satwa dilindungi ini melibatkan petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKDA), aktivis Rimba Satwa Foundation (RSF) dan masyarakat. Reptil ganas itu selama ini tinggal di kandang berukuran enam meter.

"Buaya yang selama ini dipelihara warga sudah dievakuasi dan sekarang dibawa ke Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau," ucap Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, Kamis (29/12/2017).

Sementara itu Manajer Campaign RSF, Hartoni Surono mengatakan, dari keterangan warga, buaya tersebut sudah lama dipelihara Tajudin.

(Baca juga: Berkenalan dengan Ojek, Buaya "Gendut" yang Dilepas Liar di Halaman Rumah)

Buaya sepit yang merupakan jenis pemangsa ikan ini sudah 7 tahun dipelihara. Namun sejak pemilik lama menjual rumahnya, Tajudin yang membeli rumah itu enggan merawat karena biaya untuk membeli makanan pokok buaya tersebut cukup mahal. Pasca-ditinggal pemilik lama, buaya tersebut makan dengan belas kasihan warga yang membelikannya ikan.

"Buaya itu sudah dirawat oleh pemilik lama mulai dari ukuran 50 centimeter. Keterangan warga, pemilik rumah menjual rumah ke Tajudin. Buaya tersebut tidak dibawa oleh pemilik lama," kata Hartoni.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini