nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKB Usulkan Calon Alternatif Pendamping Ridwan Kamil, Termasuk Charly "Setia Band"

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 06:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 29 525 1837234 pkb-usulkan-calon-alternatif-pendamping-ridwan-kamil-termasuk-charly-setia-band-gzB31TG4Hn.jpg Charly van Houten ke kantor DPW PKB Jabar daftar pilgub. (Foto: Oris Riswan/Okezone)

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengusulkan sosok alternatif untuk mendampingi Ridwan Kamil sebagai calon wakil gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Daniel Johan mengatakan, sosok alternatif ini akan dimunculkan bila sejumlah partai politik yang sudah menyatakan dukungan untuk Ridwan Kamil mengalami kebuntuan dalam mencari pendamping bagi Wali Kota Bandung itu. Menurut Daniel, calon alternatif bukanlah kader dari salah satu partai pendukung Ridwan Kamil.

"PKB usul dorong alternatif yang bukan kader partai agar tidak buntu, tentu harus disepakati bersama," ujar Daniel saat dihubungi Okezone, Jumat (29/12/2017).

Daniel mengatakan, salah satu calon alternatif yang akan dimunculkan itu adalah Muhammad Casmali Parli alias Charly van Houten, mantan vokalis band ST 12.

"PKB menyambut baik. Charly bisa sebagai cawagub alternatif yang memperkuat elektabilitas RK," ucap Daniel.

Daniel mengungkapkan beberapa hari yang lalu Charly telah menemui Dewan Pimpinan Daerah PKB Jawa Barat untuk meminta izin dicalonkan sebagai pendamping Ridwan Kamil.

Adanya Charly ini, lanjut Daniel, diharapkan sebagai pemecah kebuntuan saat para parpol pendukung Ridwan Kamil tak juga menyepakati siapa sosok yang tepat untuk mendampinginya. Menurut Daniel, PKB mempertimbangkan Charly karena menunjukkan keseriusannya bekerja untuk rakyat Jawa Barat.

"Calon alternatif di luar kader partai koalisi bisa menjadi jalan keluar yang baik," tutur Anggota Komisi IV DPR RI ini.

(Baca Juga: Hanura Resmi Dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018)

Ketua Desk Pilkada DPP PKB ini menambahkan, sampai saat ini PKB bersama PPP, dan Partai Nasdem terus intensif berkomunikasi untuk menemukan pendamping Ridwan Kamil. Kekuatan koalisi ini pun bertambah dengan masuknya Partai Hanura.

(Baca Juga: Golkar Usung Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Ridwan Kamil: Kita Ikut Berbahagia)

"Kita akan matangkan dalam seminggu ini," katanya.

Diketahui peta koalisi di Pilgub Jabar sudah mulai terlihat, yakni PAN, PKS, dan Partai Gerindra mendukung Sudrajat-Akhmad Syaikhu. Partai Demokrat yang baru ditinggalkan PAN dan PKS kini membuka koalisi baru bersama Partai Golkar untuk mengusung Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi. Sementara PPP, PKB, Hanura, dan Partai Nasdem disebut-sebut masih konsisten mendukung Ridwan Kamil dan tengah meramu calon wakilnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini