Share

Sekjen Liga Arab Sampaikan Belasungkawa atas Serangan di Gereja Koptik Mesir

Putri Ainur Islam, Okezone · Sabtu 30 Desember 2017 02:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 30 18 1837761 sekjen-liga-arab-sampaikan-belasungkawa-atas-serangan-di-gereja-koptik-mesir-hdr8AbfKoy.jpg Gereja Koptik di Mesir yang menjadi area serangan. (Foto: Reuters)

KAIRO - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Arab (AL) Ahmed Aboul Gheit mengutuk serangan teroris yang menewaskan setidaknya sepuluh orang di luar sebuah gereja di selatan ibu kota Mesir, Kairo. Dalam sebuah pernyataan, Aboul-Gheit juga menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Mesir dan keluarga korban. Ia juga berharap pemulihan yang cepat bagi korban luka.

Liga Arab berdampingan dengan Mesir dalam menghadapi terorisme yang bertujuan untuk merongrong keamanan dan stabilitas negara tersebut dan menodai hasutan di kalangan orang Mesir, kata pernyataan tersebut.

Dilansir dari Xinhua, Sabtu (30/12/2017), Sekjen Liga Arab juga menyerukan persatuan sebagai upaya negara-negara Arab dan internasional untuk memerangi terorisme di semua tingkat.

BACA JUGA: Usai Serangan Bank, 2 Orang Bersenjata Tembaki Gereja Koptik di Mesir

Sekadar diketahui, sepuluh orang tewas dalam baku tembak di luar sebuah gereja di selatan Kairo. Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan sepuluh orang tewas termasuk satu penyerang dan satu polisi Muslim dan delapan orang Koptik. Kementerian tersebut menambahkan bahwa setidaknya lima lainnya terluka, dengan dua di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Serangan tersebut terjadi menjelang perayaan Natal Ortodoks minggu depan. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Orang-orang Kristen Koptik Mesir, minoritas agama terbesar di wilayah ini, berjumlah sekitar 10 persen dari 93 juta orang di negara ini.

BACA JUGA: Militan Serang Bank di Mesir, 2 Orang Tewas

Beberapa waktu terakhir, Mesir terus dilanda serangan teroris. Sebelum serangan di luar gereja, kelompok militan di Mesir meluncurkan serangan ke sebuah bank yang berada di Kota El-Arish di Sinai utara dan menyebabkan 2 orang tewas. Pasukan polisi sempat melakukan serangan balik terhadap para militan yang jumlahnya tak diketahui tersebut, namun mereka berhasil kabur.

BACA JUGA: Otoritas Mesir Klaim Pelaku Pengeboman Masjid Bawa Bendera ISIS

Masih segar dalam ingatan, serangan mengejutkan juga terjadi pada November di Masjid Al Rawdah, sebelah barat Kota Arish. Serangan tersebut menyebabkan lebih dari 300 orang tewas beberapa di antaranya adalah anak-anak. Kelompok ISIS pun mengaku sebagai dalang pengeboman masjid tersebut.

Pada 9 April, ledakan bom mengguncang dua gereja Kristen Koptik dan menewaskan puluhan orang. Insiden itu terjadi hanya sepekan sebelum Hari Paskah bagi penganut Kristen Koptik dan pada bulan yang sama dengan rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Mesir.

(pai)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini