Share

Jumlah Korban Serangan Gereja Koptik Mesir Bertambah, ISIS Klaim Bertanggungjawab

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 30 Desember 2017 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 30 18 1837824 jumlah-korban-serangan-gereja-koptik-mesir-bertambah-isis-klaim-bertanggungjawab-4HJryU2W1D.jpg Foto: Reuters

KAIRO – Jumlah korban tewas akibat serangan di sebuah gereja koptik dan toko dekat Kairo, Mesir bertambah menjadi sedikitnya 11 orang. Kelompok militan ISIS mengklaim berada di balik serangan tersebut.

BACA JUGA: Pria Bersenjata Tembaki Gereja Koptik di Mesir

Melalui pernyataan yang diumumkan oleh sayap medianya, Amaq, ISIS menyatakan bertanggungjawab atas serangan tersebut. Namun, kelompok teror itu tidak memberikan bukti apapun untuk mendukung klaim tersebut.

Serangan tersebut terjadi hanya berselang sepekan menjelang perayaan Natal umat Kristen Koptik yang jatuh pada 7 Januari. Kepolisian Mesir telah meningkatkan keamanan dengan memasang detektor logam dan menambah personel untuk berjaga-jaga di beberapa gereja besar, tetapi serangan kali ini luput dari pengawasan.

Berdasarkan laporan awal pihak keamanan yang dilansir Reuters, Sabtu (30/12/2017), setidaknya dua pelaku bersenjata terlibat dalam serangan yang terjadi pada Jumat, 29 Desember itu. Laporan itu dikuatkan oleh keterangan saksi mata yang mengatakan ada lebih dari satu orang pelaku.

"Penembakan dimulai pukul 10.30 pagi dan berlangsung lebih dari 15 menit. Ada lebih dari satu penyerang," kata Mohammed Hussein Abdelhadi seorang warga yang tinggal di dekat gereja.

Namun, Kementerian Dalam Negeri menyebutkan jumlah pelaku hanya satu orang dan dia telah ditangkap setelah ditembak oleh pasukan keamanan. Tidak dijelaskan mengapa bisa terjadi perbedaan keterangan tersebut.

Mereka memulai aksinya dengan melepaskan tembakan ke arah sebuah toko di dekat gereja dan menewaskan dua orang sebelum bergerak ke Gereja Mar Mina di Helwan, selatan Kairo. Di gereja tersebut, mereka kembali melakukan serangan yang menewaskan sedikitnya sembilan orang, termasuk seorang polisi.

“Pasukan keamanan segera mengangani pelaku penyerangan dan menangkapnya setelah dia terluka," demikian keterangan dari Kementerian Dalam Negeri Mesir. Lima orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka dalam serangan tersebut.

BACA JUGA: Sekjen Liga Arab Sampaikan Belasungkawa atas Serangan di Gereja Koptik Mesir

Berdasarkan keterangan penyelidik, pelaku penyerangan telah berhasil diidentifikasi. Dia dinyatakan telah melakukan sejumlah serangan di Mesir sejak tahun lalu. Kelompok militan telah mengklaim bertanggungjawab atas  beberapa serangan terhadap minoritas Kristen di Mesir dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dua pengeboman di tengah perayaan Palm Sunday pada April lalu dan serangan terhadap gereja koptik lainnya yang menewaskan 28 orang pada Desember2016.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini