nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Tahun Baru, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jalur Pantura Demak

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 19:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 30 512 1837909 malam-tahun-baru-ini-pengalihan-arus-lalu-lintas-di-jalur-pantura-demak-2vtMR6mDLZ.jpg Ilustrasi Lalu Lintas di Jalur Pantura (foto: Antara)

DEMAK - Arus lalu lintas di Jalur Pantura Demak diperkirakan bakal terjadi kepadatan menjelang malam pergantian tahun dari 2017 menuju 2018. Polisi menyiapkan sejumlah skenario pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan dan tindak kejahatan.

“Ada beberapa pengalihan arus lalin yang bakal kita lakukan sebagai antisipasi penumpukan kendaraan, karena diperkirakan ribuan orang bakal memadati jalan-jalan untuk merayakan malam pergantian tahun baru,” ujar Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo, Sabtu (30/12/2017).

Volume Kendaraan Mulai Meningkat di Jalur Pantura, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan Jalur Pantura (foto: Antara)

(Baca Juga: Zikir dan Doa Tahun Baru di Tanah Rencong)

Menurutnya, terdapat 2 titik pusat keramaian yang bakal menjadi lautan manusia yakni Alun-Alun Demak dan Lapangan Tembiring. Sejumlah acara disiapkan sembari menunggu detik-detik malam pergantian tahun.

“Kalau lokasi acara malam tahun baru ada 2 di Alun-Alun dan Lapangan Tembiring. Biasanya warga sudah mulai berdatangan selepas Maghrib, hingga tengah malam. Kalau di Lapangan Tembiring ada pertunjunkan musik kasidah dan lomba Tek-Tek,” terangnya.

Terdapat 4 skenario pengalihan arus lalu lintas yang bertujuan mencegah penumpukan kendaraan menuju kawasan Kota Demak. Pengalihan jalur itu di antaranya adalah:

1. Pertigaan Traffic Light (TL) SMPN 1 Demak

Pengalihan arus lalu lintas dari Semarang menuju arah kota dialihkan ke Jalan Lingkar Demak arah Kudus

2. Pertigaan TL Jebor

Pemgalihan arus lalu lintas dari Kudus menuju arah kota dialihkan ke Jalan Lingkar Demak arah Semarang

3. Pertigaan TL Bogorame

Pengalihan arus lalu lintas dari Semarang menuju arah kota dialihkan ke Jalan Sultan Hadiwijaya arah Kudus

4. Pertigaan Kracaan

Pengalihan arus lalu lintas dari Kudus yang menuju arah kota dialihkan ke Jalan Sunan Kalijaga Kadilangu arah Purwodadi.

(Baca Juga: Polantas Disiagakan di Setiap Persimpangan saat Malam Tahun Baru)

“Kita juga menyediakan kantung-kantung parkir, yakni Jalan Sultan Fattah Taman Kijang mampu memuat 700 sepeda motor, kemudian di Pendapa-Telkom bisa untuk 200 sepeda motor, Toko Pojok-Toko Sepatu Enggal untuk 200 sepeda motor, dan di Terminal Induk bisa menampung 100 mobil,” lugasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini