nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dentuman Gong Warnai Malam Pergantian Tahun di Kota Solo

Bramantyo, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018 02:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 01 512 1838322 dentuman-gong-warnai-malam-pergantian-tahun-di-kota-solo-Tm3jl4vSbR.jpg Warga sedang memukul gong saat pergantian tahun (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Ada yang berbeda di malam pergantian tahun di Kota Solo. Biasannya, pesta kembang api selalu mewarnai malam pergantian tahun. Namun, pada pergantian tahun ini, Pemkot Solo melarang warganya untuk menyalakan kembang api tepat pukul 00.00 WIB. Sebagai gantinya, secara bersamaan alat musik tradisional berupa gong, dibunyikan oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, tepat di jam pergantian tahun.

Pantauan Okezone, tepat pukul 00.00 WIB, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memukul gong sebagai tanda pergantian tahun. Tak hanya gong di pusat perayaan pergantian saja ditabuh. Gong yang telah dipersiapkan ditiap-tiap kelurahan di Kota Solo pun ditabuh secara bersamaan.

"Enak suara gong dibandingkan suara petasan. Ini juga ditujukan untuk melestarikan budaya jawa. Buktinya, mulai dari Purwosari hingga Gladak, yang menabuh memakai beskap,"papar Rudy, usai memukul gong, Senin (1/1/2018).

 (Baca: Selamat Tahun Baru 2018!)

Menurut Rudy, larangan membunyikan petasan saat pergantian tahun baru ini memang dilakukan. Selain untuk mengurangi pemborosan, juga mencegah hal-hal yang tidak diinginkaan. Sementara itu pergantian tahun baru di Kota Solo ini pun mendapatkan pemantauan langsung dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Tjondro Kirono.

Menurut Kapolda, secara umum malam pergantian tahun baru di wilayah Karesidenan Surakarta berjalan aman. Termasuk di Kota Solo sendiri.

Apalagi, di malam pergantian tahun baru ini, Pemkot Solo menggelar Car Free Night di jalur utama kota Solo, jalan Slamet Riyadi. Sehingga dengan adanya acara tersebut dapat mengurangi kepadatan kendaraan.

 (Baca juga: Begini Indahnya Pesta Kembang Api di Jakarta Sambut Tahun Baru 2018)

"Hasil pemantauan kami untuk Kota Solo dan sekitarnya kondusif dan kebaktian di gereja juga lancar," jelas Kapolda.

Agar tak kecolongan ada warga yang membawa petasan saat malam pergantian tahun baru, aparat kepolisian memeriksa seluruh barang bawaan warga yang hendak masuk ke arena Car Free Night.

Pemeriksaan terhadap barang bawaan warga ditujukan agar kawasan Car Free Night tetap aman dan steril dari barang berbahaya, terutama petasan.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini