nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Sersan Reckless, Kuda Korea yang Menjadi Pahlawan Perang AS

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 02 18 1838593 kisah-sersan-reckless-kuda-korea-yang-menjadi-pahlawan-perang-as-5hXBaLkE5N.jpg Sersan Reckless kuda asal Korsel yang jadi pahlawan perang. (Foto: History)

KORPS Marinir Amerika Serikat (US Marine) telah terlibat dalam berbagai konflik sepanjang kiprahnya. Namun, di antara konflik-konflik tersebut, Marinir AS hanya beberapa kali menghadapi pertempuran sedahsyat Pertempuran Outpost Vegas dalam kancah Perang Korea.

Dalam pertempuran dashyat yang terjadi pada 5 Maret 1953 tersebut, anggota peleton Recoilless Rifle dari pasukan Marinir ke-5 berjuang mempertahankan Outpost Vegas dari serbuan tentara China. Lokasi itu dinamakan Outpost Vegas karena untuk mempertahankanya adalah sebuah perjudian bagi pasukan AS.

 

History melansir, lebih dari 500 tembakan mortir dan artileri dilepaskan setiap menitnya, sampai-sampai ada peluru yang bertabrakan di udara. Langit di atas Outpost Vegas seperti runtuh dengan gemuruh peperangan.

Di tengah situasi tersebut, sosok berkaki empat yang dengan berani melintasi medan pertempuran dengan membawa amunisi baru menjadi pembangkit semangat bagi para Marinir. Sosok itu bukanlah anggota Marinir biasa, melainkan seekor kuda bernama Reckless.

Kuda betina itu menjadi penenang bagi para Marinir di tengah hiruk pikuk dan kekacauan yang terjadi di sekitar Outpost Vegas. Reckless membawa enam, delapan peluru sekali jalan bolak balik ke gunung. Dia juga membantu upaya evakuasi Marinir yang terluka ke tempat yang aman untuk mendapatkan perawatan.

Dalam salah satu perjalanannya, Reckless menggunakan jaket anti-peluru dan melindungi empat marinir untuk mencapai gunung. Dia menderita dua luka tembak dalam pertempuran Outpost Vegas dan dianugerahi bintang jasa Purple Heart karena aksi dan keberaniannya dalam pertempuran tersebut.

Robbin Hutton penulis buku Sgt. Reckless: America’s War Horse menjelaskan bagaimana kuda Marinir itu berbeda dengan kuda-kuda lainnya.

"Kuda adalah hewan yang memilih untuk menghindari pertempuran, tetapi Reckless berlari ke arah bahaya karena dia tahu orang-orang membutuhkannya," kata Hutton.

Meski Reckless berperan besar dalam pertempuran Outpost Vegas, dia bukanlah hewan yang dibesarkan untuk menjadi kuda beban. Kuda berbulu coklat kemerahan itu lahir di Seoul, Korea Selatan dengan nama Ah Chim Hai yang berarti "nyala api di pagi hari".

Semula dibiakkan untuk menjadi kuda pacu, pemilik Reckless terpaksa menjual anak kudanya untuk membeli kaki buatan untuk saudarinya yang kehilangan kaki akibat ledakan ranjau. Reckless dijual seharga USD250 kepada Letnan Eric Pedersen dari Peleton Recoilles Rifle Pasukan Marinir ke-5 pada Oktober 1952.

Pedersen membutuhkan kuda yang dapat membawa amunisi dan peluru artileri melintasi medan yang berat. Marinir kemudian menamai anggota baru mereka dengan nama "Reckless" sesuai dengan senapan recoilless yang juga sering disebut dengan "senapan Reckless".

Setelah menerima pelatihan dari Sersan Joe Latham mengenai cara berlaku di medan pertempuran selama beberapa pekan, Reckless turut terjun ke dalam kancah Perang Korea. selama itu juga dia membaur dekat dengan para Marinir, tidur d dalam tenda mereka, makan makanan yang sama dengan mereka, bahkan ikut minum bir dan berpesta bersama mereka.

Usai perang, Reckless dipromosikan menjadi sersan pada 10 April 1954 dan menjadi satu-satunya hewan yang pernah mendapatkan pangkat resmi dari Korps Marinir AS. dia juga mendapat sorotan oleh media dan publik dan menjadi tenar sehingga muncul kampanye untuk membawanya ke AS bersama para Marinir lain.

Pada November 1954, atas jasa Letnan Kolonel Andrew Geer yang membayar biaya perjalanannya, Reckless akhirnya tiba di AS. Dia ditempatkan di Kamp Pendleton, California dan menerima kenaikan dua pangkat menjadi sersan staf.

Reckless melahirkan empat anak kuda jantan dan seekor anak kuda betina sebelum mati pada 1968. Kematiannya menghiasi halaman muka surat kabar di AS dan dia dimakamkan dengan upacara militer yang lengkap.

Meski sempat terlupakan seperti banyak pahlawan Perang Korea lainnya, Reckless kembali menjadi perhatian publik setelah buku karya HUtton terbit.Pada 2013, sebuah patung perunggu untuk menghormatinya didirikan di Museum Nasional dan Pusat Warisan Korps Marinir di Virginia dan di Kamp Pendleton, California pada 2016.

"Reckless memang bukan seekor kuda biasa, dia adalah Marinir," kata Hutton.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini