nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kandung Sekap 3 Anak di Dalam Rumah Selama Setahun

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 03 Januari 2018 07:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 03 519 1839206 ibu-kandung-sekap-3-anak-di-dalam-rumah-selama-setahun-LlyHE80yX1.jpg Proses penyelamatan 3 bocah yang disekap ibu kandung. (Foto: Humas Polres Malang)

MALANG - Nasib tragis menimpa 3 orang bocah di Kabupaten Malang. Ketiga anak disekap dan tak diizinkan keluar rumah selama satu tahun, bahkan untuk bersekolah sekalipun. Mirisnya, perlakuan itu dilakukan oleh ibu kandung berinisial ALK.

Polisi bersama jajaran Muspika Kecamatan Bululawang mulai dari camat, koramil, dan Kapolsek Bululawang mendatangi rumah 3 bocah tersebut di RT 14 RW 04, Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Selasa 2 Januari 2018.

Penyelamatan berlangsung dramatis, polisi berhati-hati saat menerobos masuk rumah ALK, karena pelaku diduga mengalami gangguan jiwa.

"Anggota Reskrim tadi masuk dulu karena informasi kalau ibu si anak ini menyediakan gunting, arit, dan kayu. Akhirnya kami berhasil mengamankan tiga anak serta ibunya bersama pihak terkait dengan kondisi selamat," terang Kapolsek Bululawang, Kompol Supary kepada Okezone. Saat dievakuasi dari dalam rumah, 3 orang anak perempuan tersebut dalam kondisi kurus dan tak terurus.

Menurut Supary, ketiganya nyaris setahun tak keluar rumah, bahkan satu anak sulungnya yang berusia 11 tahun tak diizinkan sekolah, meski sang anak telah lulus MI (Madrasah Ibtidaiyah).

(Baca juga: 7 Tahun Buron, Bandit Bertopeng Akhirnya Tertangkap)

Ketiga anak ini tidak dapat menikmati kehidupan layaknya anak-anak kecil pada umumnya. Mereka hanya bermain di dalam rumah dan tak hanya bisa mengintip dari jendela, mengingat sekeliling rumah tertutup terpal.

Untuk urusan makanan, diduga kuat para bocah ini hanya mendapat makanan seadanya dari ibu kandung. "Makanya tadi waktu kita evakuasi kita lihat tubuh ketiganya kurus," tambahnya kembali.

ALK telah bercerai dengan suaminya berinisial MR selama 2-3 tahun. Diduga karena depresi, ALK menyekap ketiga anaknya. "Alasannya takut diperkosa bapak kandungnya sendiri, padahal tidak seperti itu," tambah Kanit Reskrim Polsek Bululawang, Iptu Ronny Margas.

Ketiga anak tersebut kini dirawat oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Sementara guna perawatan lebih lanjut, sang ibu diserahkan pihak kepolisian ke Rumah Sakit Jiwa Lawang, Malang.

Polisi sendiri mendapatkan laporan kasus ini dari warga pada 22 Desember 2017.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini