nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekap Tiga Anaknya, Ibu di Malang Diperiksa di Rumah Sakit Jiwa

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 12:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 04 519 1839908 sekap-tiga-anaknya-ibu-di-malang-diperiksa-di-rumah-sakit-jiwa-KK9lunV1AY.jpg Proses penyelamatan 3 anak yang disekap ibu kandungnya. (Ilustrasi, Foto: Humas Polres Malang)

MALANG – Warga Malang digemparkan dengan aksi penyekapan seorang ibu kandung berinisial ALK (47) yang diungkap kepolisian bersama jajaran Muspika Bululawang. Tiga anak yakni KN (13), ZS (11), dan DNZ (6) asal Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, harus rela “dikurung” di dalam rumah selama setahun oleh ibunya.

Kapolsek Bululawang, Kompol Supary menuturkan, informasi penyekapan tersebut didapat dari seorang bidan di desa setempat yang kemudian ditindaklanjuti anggota Babinsa. Ia melanjutkan, anggota babinsa pun meninjau ke lokasi.

Setelah dilakukan koordinasi dengan pihak Muspika, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan KPAI, akhirnya petugas memutuskan untuk mengevakuasi sang anak dari dalam rumah.

Saat tim bergerak ke lokasi, kondisi rumah sangat tertutup. Jendela dalam kondisi tertutup rapat dengan sekeliling rumah tertutup terpal. Sementara pintu digembok.

"Saat evakuasi sang ibu sempat memberontak melarang masuk. Namun, demi keselamatan dan kondisi sang anak, kita bersama tim tetap memaksa masuk," tutur Kapolsek Kompol Supary saat rilis ke media, Kamis (4/1/2018).

Saat dievakuasi, ketiga anaknya sedang tiduran di kamar dengan kondisi tak ada cahaya.

"Anak-anak tidak diizinkan beraktivitas di luar rumah, bahkan untuk berinteraksi dengan tetangga dan bersekolah," ucapnya.

Diduga sang ibu tega menyekap sang anak kurang lebih satu tahun akibat gangguan kejiwaan usai bercerai dengan suaminya, yakni MR sejak 2-3 tahun lalu. Ibu yang bekerja sebagai penjahit itu diketahui diduga mengidap gangguan jiwa selama setahun terakhir.

"Pelaku memang diketahui mengidap gangguan jiwa dalam setahun terakhir ini. Tapi, kami baru mendapat laporan minggu lalu," tuturnya.

Menurutnya, dalam sehari-hari, hanya ALK yang beraktivitas di luar rumah, termasuk untuk berbelanja. Sementara ketiga anaknya ditinggal di rumah dengan kondisi pintu yang digembok.

Guna pemulihan kondisi sang anak, polisi bersama tim membawanya ke pondok bersalin desa Sudimoro untuk pemeriksaan. Sementara sang ibu dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang, guna pemulihan gangguan jiwanya.

(Baca Juga: Ibu Kandung Sekap 3 Anak di Dalam Rumah Selama Setahun)

Dari lokasi kejadian, polisi mengamankan barang bukti berupa gembok dan rantai yang digunakan untuk mengunci pintu rumah serta terpal untuk menutup seluruh sisi rumah.

(Ibu berinisial ALK yang sekap tiga anaknya. Foto: Ist)

Namun, kepolisian tak dapat melimpahkan kasus penyekapan dan penelantaran anak ini ke ranah pidana mengingat sang pelaku ALK diduga mengalami gangguan jiwa.

Sebelumnya, polisi bersama jajaran tim berhasil menyelamatkan tiga anak dari rumah sang ibu kandungnya yang diduga mengalami gangguan jiwa, pada Selasa (2/1/2018) siang. Penyelamatan berlangsung dramatis karena di dalam rumah sang ibu menyiapkan alat seperti gunting dan arit untuk menggagalkan aksi tersebut.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini