Image

Hindari Diabetes pada Hewan Peliharaan, Peneliti IPB Ciptakan Pakan dari Biji Mahoni

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 11:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 04 65 1840110 hindari-diabetes-pada-hewan-peliharaan-peneliti-ipb-ciptakan-pakan-dari-biji-mahoni-nDfgWRRDhB.jpg Foto: Dok IPB

JAKARTA - Tidak hanya manusia, hewan juga bisa mengalami obesitas. Penumpukan lemak yang terlalu tinggi di tubuh hewan dapat memicu penyakit diabetes. Seperti yang diketahui, diabetes mampu membunuh penderitanya secara perlahan-lahan akibat komplikasi penyakit jantung, gagal ginjal, retinopati, dan lain-lain.

Dilansir dari laman IPB, Minggu (7/1/2018), diabetes pada hewan disebabkan karena kandungan karbohidrat yang terlalu tinggi pada pakan sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi. Karena itu, penting untuk memilih pakan hewan dengan info gizi yang baik.

Untuk menciptakan pakan bergizi seimgbang, peneliti dari Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Tutik Wresdiyati bersama Dr. Adi Winarto, Prof. Deni Noviana, dan Prof. Dewi Apri Astusi melakukan penelitian terhadap kandungan mahoni sebagai pakan hewan peliharaan. Menurutnya, mahoni merupakan bahan baku yang tepat untuk mencegah penyakit diabetes pada hewan.

"Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit diabetes pada kucing adalah mahoni. Penelitian ini merumuskan ekstrak biji mahoni (swietenia mahagoni) menjadi pakan kucing yang dapat mencegah obesitas dan diabetes melalui uji palatabilitas dan percobaan klinis pada kucing,” tutur Prof. Tutik.

(Baca juga: Meneropong Nasib Trisakti dan UNJ di 2018)

Seperti yang telah diduga, penelitian menunjukkan bahwa formula pakan dari ekstrak biji mahoni memiliki palatabilitas tertinggi. Mahoni juga telah diuji secara klinis dan terbukti dapat mengendalikan indeks massa tubuh, mengendalikan glukosa, serta kontrol kolesterol dalam darah.

“Dapat disimpulkan bahwa formula pakan terbaik ini merupakan salah satu produk yang dapat digunakan sebagai pencegahan obesitas dan diabetes pada kucing,” tutupnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini