Hebohnya Kebakaran di Balikpapan Hanguskan 5 RT Sekaligus

Amir Sarifudin , Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 10:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 05 340 1840425 hebohnya-kebakaran-di-balikpapan-hanguskan-5-rt-sekaligus-9bzFyy0Ny3.jpg Kebakaran di Balikpapan (Foto: Amir/Okezone)

BALIKPAPAN - Warga di 5 RT kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) panik karena amukan si jago merah dengan cepat melalap ratusan rumah. Kebakaran di RT 11, 12, 13, 22 dan RT 24 ini terjadi di saat warga tengah beristirahat malam sekira pukul 00.10 Wita, Jumat (5/1/2018).

Reza, warga yang menjadi korban kebakaran terkejut saat mendengar teriakan adanya kebakaran. Dirinya segera membangunkan istri dan dua anaknya untuk menyelamatkan diri.

"Nggak tahu asal dari mana asal apinya. Begitu bangun tidur, api sudah membesar dan mendekati rumah saya," kata Reza sambil memerhatikan keluarganya.

Dirinya memperkirakan ratusan rumah hangus terbakar. "Di sini kawasan padat penduduk. Banyak juga warga membangun kos-kosan," lanjutnya.

Akses jalan yang hanya dari kawasan Rumah Sakit Tentara dr. Hardjanto membuat pemadaman sukar dilakukan. Ditambah lagi banyaknya warga yang berkerumun menyaksikan kobaran api turut menyulitkan petugas dari BPBD menuju lokasi terdekat dari kebakaran.

(Baca Juga: Kebakaran Hebat di Balikpapan, Renggut Nyawa Ibu dan 2 Anaknya hingga Bikin Panik Pasien Rumah Sakit)

Tampak beberapa kali personel Polisi Militer dari Kodam VI Mulawarman mendesak agar warga tidak mendekat. "Mau kemana Pak? Pergi saja, naik ke atas sana, jangan ganggu petugas pemadam," tegas personel tersebut.

Pemadaman yang dilakukan BPBD juga turut dibantu fire rescue dari Lanal Balikpaapan, Pertamina dan Chevron. Namun api terus membesar karena mayoritas rumah yang terbakar terbuat dari kayu.

"Suplai air disegerakan, selang disambung," perintah Kepala BPBD Balikpapan, Suseno kepada petugasnya yang berupaya terus mengendalikan agar api tidak menyebar ke rumah warga lainnya, sementara sambungan selang beberapa kali terlepas.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang memantau langsung ke lokasi kebakaran hanya berucap singkat. "Kita tanggap darurat dulu, nanti didata jumlah korban dan mendirikan posko bantuan," katanya.

Hingga Jumat dini hari, pukul 02.30 Wita, kobaran api terus membesar dan beberapa kali terdengar ledakan keras yang diduga dari tabung gas elpiji. Angin yang berembus kencang juga membuat amukkan api mendekati Rumah Sakit Tentara dr. Hardjanto sehingga membuat sejumlah pasien diungsikan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini