nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hebat di Balikpapan Tewaskan 3 Orang, 1.113 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Amir Sarifudin , Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 10:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 340 1840437 kebakaran-hebat-di-balikpapan-tewaskan-3-orang-1-113-jiwa-kehilangan-tempat-tinggal-Z2XarOaIlk.jpg Kebakaran di Balikpapan buat 1.113 jiwa kehilangan tempat tinggal (Foto: Amir/Okezone)

BALIKPAPAN - Posko tanggap darurat dan puluhan tenda penampungan sementara telah berdiri di halaman parkir kantor Wali Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/1/2018). Bantuan berupa pakaian dan makanan dari warga dan organisasi juga terus berdatangan untuk korban kebakaran yang jumlahnya mencapai 1.113 jiwa.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi merasa prihatin karena terjadi musibah berupa kebakaran besar dengan korban yang teramat banyak di awal tahun. "Tanggap darurat berupa penampungan sementara untuk para korban telah kita dirikan sambil terus melakukan pendataan," katanya.

Pemkot Balikpapan juga akan menggelontorkan bantuan dana untuk membantu para korban. "Dana nantinya untuk sewa rumah tapi kita data dulu status kepemilikan lahan dan rumah di lokasi yang terbakar," lanjutnya.

Kebakaran yang terjadi hingga pukul 04.00 dini hari juga menghancurkan laboratorium SDN 003 Balikpapan Kota. Sehingga gedung itu segera diperbaiki mengingat para murid sudah mulai bersekolah pada Senin mendatang.

(Baca Juga: Hebohnya Kebakaran di Balikpapan Hanguskan 5 RT Sekaligus)

"Laboratoriumnya hancur, kalau ruang belajar hanya pecah kaca jendela. Ruang laboratorium akan kita bangun ulang dan yang penting murid-murid bisa sekolah lagi," ucapnya.

Selain posko penampungan, Pemkot Balikpapan juga membangun dapur umum. "Kami ingin masyarakat untuk ikut membantu karena para korban pasti membutuhkan pakaian, bahan makanan dan kebutuhan lainnya," imbau Rizal.

Berdasarkan data sementara, sebanyak 320 Kepala Keluarga dengan 1.113 jiwa kehilangan tempat tinggal. Kebakaran juga melenyapkan 3 nyawa manusia yakni seorang ibu rumah tangga dengan 2 anaknya.

Korban bernama Sri Aminah (35) serta Daffa (7) dan Fauzan (3). Korban tidak sempat menyelamatkan diri dan sang suami berada di luar kota saat kebakaran terjadi.

(Baca Juga: Kebakaran Hebat di Balikpapan, Pasien Rumah Sakit Panik Berhamburan)

Dugaan sementara asal api dari hubungan arus pendek listrik di RT 13 yakni rumah milik Munawar. Api kemudian merambat dan membakar rumah lainnya di RT 11, 12, 22 dan 23 Klandasan Ulu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini