nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiai NU Pendukung Gus Ipul Pasrahkan Nasib Abdullah Azwar Anas ke PDIP

ant, Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018 03:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 06 519 1840971 kiai-nu-pendukung-gus-ipul-pasrahkan-nasib-abdullah-azwar-anas-ke-pdip-5f7uR2A6vA.jpg Abdullah Azwar Anas (Foto: Dok. Okezone)

KEDIRI - Sejumlah ulama yang mendukung pencalonan Saifullah Yusuf dalam Pilkada Jatim 2018 mengaku mengembalikan persoalan foto calon Wakil Gubernur Jatim pendampingnya, Abdullah Azwar Anas, ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai parpol pengusung.

"Para kiai sudah bersepakat dalam menyikapi kasus ini. Kami mengembalikan dia (Abdullah Azwar Anas-red) ke PDIP," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien Ngasinan, Kota Kediri, KH Anwar Iskandar di Kediri, Jumat 5 Januari 2018.

Ia mengatakan, sejumlah ulama sudah melakukan pembicaraan menyusul beredarnya sejumlah foto yang diduga mirip Bupati Banyuwangi, yang juga calon Wakil Gubernur Jatim, pendamping Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

(Baca juga: Soal Kabar Azwar Anas Mundur, Khofifah: Tidak Perlu Heboh)

Para ulama, kata dia, tetap mengutamakan persatuan dan solidaritas dari tim yang mendukung Gus Ipul untuk mengikuti Pilkada Jatim yang akan berlangsung pada 2018. Para ulama yang mendukung juga tidak ingin ikut campur terkait dengan masalah itu, dan lebih menyerahkan penyelesaian persoalan tersebut ke partai pengusung, yaitu PDIP.

Menurut dia, para ulama juga hanya menunggu sikap dari partai saja, termasuk apakah ke depannya partai akan mengganti dengan calon yang baru atau tetap mempertahankan pencalonan pasangan Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Abdullah Azwar Anas menganggap ada proses pembunuhan karakter terkait polemik pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Terdapat sejumlah upaya pembunuhan karakter yang sering diterima Anas dan keluarga.

(Baca juga: Sekjen PDIP Ragukan Keaslian Foto Anas dengan Wanita)

Ia hanya menegaskan terkait dengan pencalonan, dirinya tunduk dan patuh sepenuhnya pada partai. Alasan itu dikemukakan, sebab dirinya memang ditugaskan partai.

Adapun Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto telah memastikan bahwa kadernya, Abdullah Azwar Anas, tidak mengundurkan diri sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur, mendampingi Saifullah Yusuf untuk mengikuti Pilkada Jatim.

Menurutnya, pasangan ini akan tetap maju pada Pilkada Jatim. Abdullah Azwar Anas juga tetap maju pada Pilkada Jawa Timur 2018 mendampingi Gus Ipul. Hasto menegaskan, PDIP tidak berniat mengubah keputusannya dan tetap mengusung pasangan ini kendati saat ini beredar foto mirip Abdullah Azwar Anas dengan perempuan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini