Image

Kabin Mobil yang Tertutup Lama Ternyata Bahaya Buat Ibu Hamil

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 15 1841741 kabin-mobil-yang-tertutup-lama-ternyata-bahaya-buat-ibu-hamil-yBx8yNOeE1.jpg Foto: Daihatsu

JAKARTA - Keberadaan pengharum mobil dalam kabin yang tertutup lama di bawah sinar matahari, ternyata salah satu pemicu terbentuknya racun penyebab kanker. Kok bisa?

Menurut suatu penelitian, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok, dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu di antaranya adalah Benzena, racun penyebab kanker (karsinogen).

Selain menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh kita, menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering menghirupnya dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan leukemia, menambah risiko penyebab kanker.

Benzena juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil.Tingkat Benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2.

[Baca Juga: Penting! Ini Kategori Banjir yang Aman dan Bahaya untuk Dilewati Mobil]

Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg Benzene. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat Benzena bisa naik hingga mencapai 2000-4000 mg, 40 kali tingkat Benzena yang bisa ditoleransi!

Kalau kamu terbiasa langsung naik mobil tanpa membuka jendela, mau nggak mau kamu bakal menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh.

Entah benar karena Benzena atau nggak, ada beberapa keluhan orang yang katanya malah mengantuk, pusing, atau bahkan lemas setelah langsung menghidupkan AC. Padahal, hal-hal inilah yang bisa jadi penyebab kecelakaan di jalanan.

 

Jadi sebelum kamu nyalain AC mobil, biasakan kamu selalu membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun yang ada di dalam mobil bisa terbuang keluar kira-kira 5 menit.

Kalau enggak mau repot, kamu bisa membuka kaca mobilmu sedikit saat parkir, atau carilah tempat parkir di tempat yang teduh dan tak terkena paparan sinar matahari langsung.

[Baca Juga: Ini Tips Agar Mobil Tak Mogok saat Menerobos Banjir]

Benzene adalah racun yang bisa mempengaruhi ginjal dan hati, dan sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tersebut.

Bagikan informasi ini ke semua keluarga dan temanmu tercinta, supaya mereka bisa terhindar dari paparan udara beracun ini terus menerus. Membantu share issue ini berarti kamu juga peduli dengan kesehatan mereka. Demikian dilansir dari daihatsu.co, Senin (8/1/2017).

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini