nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Satu Desa di Majalengka Diungsikan Akibat Pergerakan Tanah

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 11:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 525 1841556 warga-satu-desa-di-majalengka-diungsikan-akibat-pergerakan-tanah-X7GhUTCO6e.jpg Bencana pergerakan tanah di Majalengka. (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

MAJALENGKA - Pergerakan tanah terjadi di Blok Pamujaan RT 01/ RW 01 Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Akibatnya, puluhan warga mengungsi dan ratusan warga lainnya terancam terdampak.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Majalengka, Nana Rukmana mengungkapkan, pergerakan tanah tersebut diakibatkan hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Cimuncang. Kondisi tanah yang relatif labil menyebabkan terjadinya pergerakan tanah.

"Untuk data sementara, sebanyak 16 KK, 44 jiwa, 15 unit rumah, 2 tempat usaha dan 3 fasilitas umum yang terdampak," ungkapnya, Senin (8/1/2018).

(Baca juga: Akses Jalan Penghubung Desa di Jember Putus Akibat Longsor)

Ia menyebutkan, ada sebanyak 5 KK mengungsi di rumah keluarganya dan 16 jiwa diungsikan. Pihaknya pun sudah melakukan sejumlah upaya penanganan, di antaranya memberikan imbauan pada warga untuk selalu waspada, terutama saat hujan di malam hari, melakukan pengecekan di lokasi terdampak dan melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak.

"Kami juga akan melakukan pendataan jumlah KK yang terdampak secara berkala, melakukan pemetaan di lokasi terdampak, mendirikan pos pantau, memberikan bantuan berupa logistik, sandang dan pangan serta berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk pengkajian lebih lanjut," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini