Image

Ciptakan Aplikasi Siaga Air Bersih, Mahasiswa UNS Raih Top Generation Challenge

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 08 65 1841587 ciptakan-aplikasi-siaga-air-bersih-mahasiswa-uns-raih-top-generation-challenge-x1XHpofMdv.jpg Foto: Dok UNS

SOLO - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih juara I lomba Top Generation Challenge dengan menciptakan aplikasi Siaga Air Bersih (SIAB).

"SIAB ini adalah alat dan aplikasi yang digunakan untuk memonitor dan distribusi air bersih berbasis internet of things," kata salah satu anggota tim, Ratih Rachmatika, di Solo, baru-baru ini.

Ia mengatakan awal dari ide tersebut karena sering terjadinya banjir di Sungai Bengawan Solo yang menyebabkan kualitas air menurun sehingga masyarakat sulit memperoleh air bersih mengingat PDAM mengambil instalasi air dari Sungai Bengawan Solo.

Ia menilai kemenangan tersebut karena tim dari UNS membawa prototipe produk SIAB tersebut. Menurut dia, produk yang mereka ciptakan cenderung ke arah teknologi dengan pemanfaatan sensor-sensor yang tahan air dan aplikasi dari telepon pintar.

"Jadi kami membuat alat dan aplikasi serta produk kami memiliki dampak sosial terhadap masyarakat," katanya.

(Baca juga: Empat Mahasiswa CIptakan Krim Tabir Surya dari Rumput Laut)

Ia mengatakan ke depan akan terus mengembangkan aplikasi tersebut agar makin banyak orang yang bisa memanfaatkannya untuk memperoleh air bersih hanya dengan berbekal telepon pintar.

"Kami juga ingin mengemas alat tersebut agar lebih ringkas sehingga bisa didistribusikan ke daerah-daerah yang kesulitan air bersih," katanya.

Menurut dia, kompetisi tersebut bertujuan untuk mendorong generasi muda dengan rentang usia 18-35 tahun untuk memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan membangun usaha rintisan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini