nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkembangan Teknologi Tak Terbendung, Mahasiswa Jangan Terjebak Hoax

Susi Fatimah, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 16:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 08 65 1841806 perkembangan-teknologi-tak-terbendung-mahasiswa-jangan-terjebak-hoax-tpHDDIGwtl.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Perkembangan teknologi informasi yang tidak bisa dibendung lagi menjadi kewaspadaan tersendiri. Salah satunya mahasiswa.

Hal itu dikatakan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir saat meresmikan pembukaan Pendidikan Bela Negara (PBN) Angkatan Ke-32 di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jabar, Senin (8/1/2017).

Ia meminta kader PBN Angkatan ke-32 Universitas Siliwangi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah-tengah guyuran informasi yang tidak bisa dibendung.

"Perkembangan teknologi informasi tidak bisa kita bendung lagi. Kita harus waspada terhadap perkembangan teknologi informasi dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan bangsa Indonesia," kata Nasir.

(Baca juga: Unhas Tuan Rumah Konferensi Forum Rektor Indonesia)

Ia juga mengingatkan kepada para mahasiswa agar dapat memilah informasi sebelum menelan informasi tersebut. Sebab sata ini banyak sekali berita hoax.

"Kita tidak bisa bendung informsi yang masuk. Mahasiswa penting untuk mampu memilahkan informasi yang baik dan tidak baik. Bahkan dengan teknologi berkembang, hoaks muncul. Dengan informasi yang bisa mendistrosi bangsa Indonesia, kita sebagai mahasiswa, bela negara harus kita tingkatkan," kata Nasir.

Tak hanya itu, mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro itu juga meminta kepada seluruh mahasiswa untuk tidak menjadi pribadi yang memecah belah dan selalu berbeda pendapat, melainkan menjadi pendorong perubahan.

"Jadilah pendorong perubahan, jadilah problem solver, bukan pengecut negara, bukan perkeruh negara, dorong perubahan," tutupnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini