Hujan Dua Jam, Kota Malang Dikepung Banjir dan Pohon Tumbang

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 09 Januari 2018 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 09 519 1842392 hujan-dua-jam-kota-malang-dikepung-banjir-dan-pohon-tumbang-XYlNas0Ok8.jpg Banjir di Kota Malang (Foto: Avirista/Okezone)

MALANG - Kota Malang kembali diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Senin siang (9/1/2018) pukul 13.00 WIB. Meski berlangsung tak kurang dua jam, hujan deras dan angin kencang membuat sejumlah pohon tumbang dan menimbulkan genangan air.

Di Jalan Wahidin, Kelurahan Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang misalnya. Sebuah pohon kemiri roboh diterpa hujan dan angin kencang hingga menimpa dua unit mobil yang terparkir di bawahnya.

Dua unit mobil Daihatsu Grand Max warna putih Nopol L 1368 CR, milik Purwanto, serta mobil Honda Freed warna merah Nopol B 2818 WY, milik Slamet Mulyono, ringsek tertimpa batang pohon.

Menurut saksi mata, Abdul Wahid (43), saat kejadian memang dua unit mobil tersebut memang sedang parkir di lokasi. Hujan yang berlangsung cukup deras disertai angin kencang membuat pohon kemiri yang tepat di samping mobil roboh dan menimpa mobil dibawahnya.

“Hujannya cukup deras, begitu juga dengan anginnya cukup kencang. Tiba-tiba dahan pohon Kemiiri patah dan menimpa dua mobil yang parkir di bawahnya," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Dari pantauan Okezone hingga sore hari, hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Malang juga membuat sebuah pohon juga roboh tepat di depan kampus Universitas Gajayana yang terletak di Jalan Merjosari. Beruntung tak ada kendaraan yang melintas atau parkir, hanya batang pohon yang memang sudah lapuk sebelumnya.

Tak hanya itu, ruas jalan utama di Kota Malang seperti Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Sudimoro, Jalan Ciliwung, Jalan Letjen Sutoyo, dan Jalan Bunga Coklat juga tergenang air dengan ketinggian bervariasi dari 10 hingga 50 cm. Hal ini menyebabkan kendaraan melambatkan lajunya, sehingga menyebabkan kemacetan yang begitu panjang.

"Ya kalau habis hujan deras memang seperti ini mas. Drainasenya sudah tidak cukup nampung air. Semoga ada solusi ke depannya," jelas Naila, seorang pengendara roda dua yang melintasi Jalan Soekarno-Hatta.

Genangan air setinggi 80 cm juga terjadi di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang pada lajur jalan dari utara ke selatan. Akibatnya tak ada kendaraan yang berani melintas karena tingginya genangan air.

Terbatasnya kapasitas saluran air dan banyaknya sampah yang menyumbat diduga menjadi penyebab genangan air yang acap kali muncul usai hujan deras melanda Kota Malang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini