Presiden Jokowi Berharap Perguruan Tinggi Jadi Tempat Bersemainya Wirausaha Muda

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 11:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 09 65 1842183 presiden-jokowi-berharap-perguruan-tinggi-jadi-tempat-bersemainya-wirausaha-muda-1T3Eqf690j.jpg Foto: Antara

KUPANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan agar perguruan tinggi menjadi tempat bersemainya wirausaha yang mampu menghasilkan para wirausahawan atau enterprenur muda yang unggul dan berjiwa sosial tinggi.

"Saya berharap perguruan tinggi termasuk Muhammdiyah ini menjadi tempat bersemainya wirausahawan muda dan bisa mengembangkan ekosistem untuk mencetak generasi sosio-enterpreneur," kata Jokowi saat memberikan kuliah umum yang dihadiri ribuan civitas akademik di Universitas Muhammadiyah Kupang, baru-baru ini.

Ia mengatakan, yang perlu ditingkatkan ke depan adalah jumlah wirausahawan atau enterpreneur muda yang akan menghasilkan peluang-peluang kerja untuk membangun nilai tambah.

"Ketika mahasiswa sudah lulus tidak hanya mencari-cari pekerjaan tapi menciptakan pekerjaan, kenapa tidak," katanya.

(Baca juga: Bahas Fungsi Animasi dan e-Learning, Dosen UNY Jadi pembicara di Barcelona)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, peluang untuk membuka lapangan kerja di Indonesia masih sangat besar karena catatan Bank Dunia pertumbuhan jumlah wirausaha di negara ini baru mencapai 3,3 persen, sementara negara lain sudah di atas 7 persen.

"Ini masih kecil sekali, artinya perluang itu ada namun sayangnya bahwa semangat kewirausaahan kita ternyata masih rendah," katanya.

Presiden menjelaskan, tercatat juga dalam Global Enterpreneurship Index tahun 2017, tingkat wirausaha Indonesia menempati ranking ke-90 dari sekira 137 negara.

"Rangking ini masih rendah sekali, karena biasanya kalau sudah lulus dari mahasiswa mencari pekerjaan, tidak menciptakan pekerjaan," katanya.

Presiden pada kesempatan itu juga mengajak dan mendorong para mahasiswa setempat untuk mulai menumbuhkan semangat dan keberanian berwirausaha.

"Silakan berwirawusaha, anak saya juga jualan martabak, silakan. Ngomong ke saya, saya kaget betul, saya kan ada pabrik besar saya suruh megang pabrik tidak mau tapi ngomong ke saya. Pak saya mau jualan martabak, setelah saya pikir yah silakan," kata Presiden menceritakan pengalamannya.

"Terus anak saya yang kecil juga ngomong, Pak saya mau jualan pisang goreng, kalau anak saya yang gede itu sekarang karyawannya 100 mungkin sudah ada, kalau yang kecil ini baru delapan karyawan karena baru mulai tiga bulan lalu, jadi silakan berusaha," katanya lagi.

Untuk itu, Presiden berharap agar Universitas Muhammadiyah Kupang bisa menjadi tempat lahirnya manusia yang unggul dan karya-karya yang cerdas.

"Saya meyakini Muhammadiyah dengan nama besarnya di dunia pendidikan bisa menjadi tempat lahirnya sosio-enterpreneur dan saya berharap Muhammadiyah bisa mendukung semangat kewirausahaan di kalangan anak muda untuk berbisnis dari hal yang kecil, membangun jaringan besar, dengan brand yang tinggi," katanya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini