nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Papua Nyatakan Berkas Pendaftaran Jhon Wempi-Melkias Penuhi Syarat

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 19:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 10 340 1843133 kpu-papua-nyatakan-berkas-pendaftaran-jhon-wempi-melkias-penuhi-syarat-9OyLb9mEqi.jpg

JAYAPURA - Berkas pencalonan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jhon Wempi Watipo - Habel Melkias Suwae dinyatakan memepenuhi syarat calon dan pencalonan oleh KPU saat pendaftaran bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Papua di kantor KPU Provinsi Papua siang tadi.

Komisioner KPU Provinsi Papua Beatrix Wanane kepada awak media mengaku jika atas status terpenuhi tersebut, maka pihaknya telah memberikan tanda bukti bakal calon yang akan bertarung dalam Pilkada gubernur dan wakil gubernur Papua 2018.

"Tadi KPU telah menerima dan sudah diteliti berkas-berkas dan sudah diteliti hasilnya terpenuhi syarat pencalonan dan syarat calon, atas itu kita sudah diberikan tanda bukti balon JWW-HMS peserta Pilkada," kata Beatrix, Rabu (10/1/2018).

Selain memberikan tanda tersebut, pihaknya telah mengeluarkan surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan kepada keduanya.

"Atas itu, KPU telah mengeluarkan rekomendasi untuk pemeriksaan kesehatan di RSUD Dok II dan BNN Papua," terangnya.

Sementara untuk status memenuhi syarat, terangnya, belum bisa dilakukan, pasalnya, pleno penetapan memenuhi syarat oleh KPU baru akan dilakukan pada 13 februari mendatang.

"Saya katakan untuk status memenuhi syarat baru akan diberikan setelah pleno 13 februari nanti, jadi saat ini hanya syarat itu terpenuhi,"katanya.

Seperti diketahui, pasangan Jhon Wempi-Melkias didukung oleh dua partai besar, yakni partai PDI Perjuangan, dan Gerindra. Dengan masing-masing kursi, untuk PDI Perjuangan 7 kursi di DPR dan Gerindra 6 kursi, dengan jumlah itu, keduanya mencukupi ambang batas syarat pencalonan Gubernur dan wakil Gubernur sesuai syarat undang-undang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini