Image

Peduli Lingkungan Antarkan Mahasiswa IPB Ini Raih Berbagai Prestasi

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 13:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 10 65 1842805 peduli-lingkungan-antarkan-mahasiswa-ipb-ini-raih-berbagai-prestasi-PfqN7SBodR.jpg Foto: Dok IPB

JAKARTA – Inovasi lahir dari kepekaan terhadap lingkungan. Seperti yang dirasakan oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer, Fakulas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Muhammad Murtadha Ramadhan atau Ado. Lewat kejeliannya melihat masalah di sekitar, Ado mampu mencetak sejumlah prestasi gemilang selama menjadi mahasiswa.

Peruntungannya dimulai dari aplikasi edukasi yang ia ciptakan sebagai media pembelajaran lingkungan dan budaya. Terinspirasi dari game Pokemon GO, ‘Fun Walking Enviropedia’ dirancang menggunakan kartu dua dimensi yang dapat dipindai melalui perangkat Android. Lalu, gambar pada kartu akan muncul di layar ponsel dalam bentuk tiga dimensi. Aplikasi ini menyasar anak-anak agar mendapat pendidikan lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

“Saya mencoba untuk membangunkan kepekaan lingkungan pada anak-anak dengan cara yang menarik. Anak-anak tidak hanya terlibat dalam pembelajaran di kelas tapi juga belajar di luar,” katanya, seperti dilansir dari laman IPB, Minggu (13/1/2018).

(Baca juga: Kemajuan Teknologi, Perguruan Tinggi Harus Siap Hadapi Era Disruptif)

Tak cukup puas dengan itu, Ado juga menciptakan aplikasi bernama ‘Jembatan Budaya’ baru-baru ini. Aplikasi ini menghubungan pelaku budaya di Indonesia dengan orang asing atau wisatawan yang ingin belajar budaya praktis melalui kelas pendek belajar budaya.

"Prototipe ini belum pernah ada sebelumnya, dan kami mencoba memberi ide baru untuk melestarikan kearifan budaya lokal di Indonesia," imbuhnya.

Meski memiliki kendala pada pembiayaan, Ado tidak pernah menyerah untuk merealisasikan mimpinya. Ia akan terus mencipta dan mengembangkan inovasi sampai bisa digunakan oleh banyak orang.

Atas usaha dan kerja kerasnya, Ado dianugerahkam gelar Mahasiswa Terunggul IPB 2017; Siswa Berprestasi Nasional ke-6 tahun 2017; serta berpartisipasi dalam International Student Summit Conference hosted by Tokyo University of Agriculture di Taiwan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini