Image

Renault Kwid Murah Pesaing Agya dan Ayla, Harganya Cuma Rp78 Juta

Sindonews, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 06:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 15 1843275 renault-kwid-murah-pesaing-agya-dan-ayla-harganya-cuma-rp78-juta-jmKcaVx2En.jpg Foto: Istimewa

TOKYO - Kehadiran mobil murah yang pernah diproduksi Renault di pasar global akan membuat persaingan di segmen ini semakin ketat. Kesuksesan SUV-ish hatchback yang luar biasa mendorong produsen mobil lain untuk mengubah strategi produk mobil kecil mereka.

Mobil ini adalah Renault Kwid, meski tak masuk dalam skema mobil LCGC, dari segi harga akan bersaing dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan juga Datsun Go .

Kwid merupakan mobil bermesin kecil yang dihadirkan Renault sebagai mobil perkotaan dengan desain crossover, di Indonesia sendiri varian ini diboyong.

Renault Indonesia melalui PT Auto Euro Indonesia (AEI) resmi memperkenalkan Kwid, compact crossover yang bermain di segmen entry level. Harganya menggiurkan bagi pemilik mobil pertama, yaitu hanya Rp117 juta On The Road Jakarta.

[Baca Juga: Alasan Daihatsu Pangkas Penggunaan Krom di Ayla Terbaru]

Di India mobil ini sudah masuk pasar dengan banderol 400.000-an rupee atau sekitar Rp78 jutaan. Nantinya untuk Indonesia akan didatangkan langsung dari India, maka untuk bea impornya tidak semahal dari Eropa atau Jepang. Wajar kalau sampai Tanah Air Renault Kwid bisa bersaing dengan mobil LCGC.

Meskipun dibanderol murah fitur yang diberikan cukup menggoda. Menggunakan mesin bensin 1.000 cc 3-silinder, bertenaga 68 hp dan torsi 91 Nm yang dihubungkan dengan transmisi manual 5-percepatan synchromesh. Ada fitur infotainment dengan layar sentuh 7 inci, berikut sistem navigasi. Paket ini juga mendukung bluetooth audio streaming dan handsfree.

Sementara fitur keamanan standar, tidak ada ABS, hanya dilengkapi dengan kantung udara di depan pengemudi. Selain itu Renault sudah membekalinya dengan lampu kabut dan keyless entry. Mempunyai ground clearance 180 mm dan jarak sumbu roda 2.422 mm. Pelek berukruan 13 inci ditopang dual suspensi Macpherson strut di depan dan twist beam di belakang.

Dengan spesifikasi yang diberikan sangat wajar bila mobil ini menjadi 'momok' bagi mobil LCGC. Namun itu semua kembali pada selera masyarakat terhadap kualitas produk yang diberikan. Karena meskipun Renault merek Eropa namun untuk Kwid dibuat di India.

[Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Renault Bikin Mini Crossover Kwid Merah & Putih]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini