Kepolisian Australia Selidiki Kematian Koala yang Dipaku ke Tiang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 16:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 18 1843568 kepolisian-australia-selidiki-kematian-koala-yang-dipaku-ke-tiang-8uaPrfLB1Q.JPG Koala malang tersebut ditemukan tewas terpaku ke tiang shelter kayu di sebuah taman di Queensland, Australia (Foto: Reuters)

QUEENSLAND – Warga Australia dihebohkan oleh foto seekor koala yang ditemukan tewas dalam keadaan terpaku ke sebuah tiang kayu. Kelompok Koala Rescue Queensland menduga, hewan malang itu masih hidup saat secara kejam dipaku ke tiang kayu.

BACA JUGA: Foto Seekor Koala Dipaku ke Tiang Jadi Viral, Warga Australia Berang 

Kepolisian Queensland menyatakan siap untuk menyelidiki kasus tersebut. Polisi juga menugaskan Badan Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (RSPCA) untuk melakukan autopsi guna mengungkap penyebab kematian hewan asli Australia tersebut.

“Polisi saat ini tengah menyelidiki kasus tersebut. RSPCA akan melakukan autopsi terhadap jasad koala itu untuk mengungkap penyebab kematian,” tutur Sersan Senior di Kepolisian Queensland, Pierre Senekal, melansir dari Reuters, Kamis (11/1/2018).

“Itu sangat mengerikan. Entah apakah koala itu sudah mati atau masih hidup, bagaimana bisa seseorang mengira hal ini sangat lucu, apalagi ketika anak-anak kecil datang ke area tersebut? Itu di luar nalar saya,” ujar juru bicara RSPCA Queensland, Michael Beatty.

BACA JUGA: Tega! Seekor Koala Ditemukan Tewas dengan Telinga Dimutilasi 

Foto koala tersebut menyebar dengan cepat di media sosial. Hewan itu ditemukan oleh seorang pegawai dewan kota terpaku ke sebuah tiang shelter kayu di sebuah taman di Queensland pada Rabu 10 Januari. Saat ditemukan, bulu-bulunya dalam keadaan kusut dan berdarah serta ada permen karet dan dedaunan yang menggantung di depannya.

Negara Bagian Queensland memiliki aturan tegas atas kekejaman terhadap hewan. Pelaku terancam hukuman hingga tujuh tahun penjara atau denda senilai USD200 ribu (setara Rp2,7 miliar).

BACA JUGA: Seekor Kanguru Ditemukan Tewas sambil Memegang Botol Miras

BACA JUGA: Kejam! Sayat Leher Kanguru hingga Tewas, Pria di Australia Ditangkap 

Koala merupakan hewan asli Australia yang menjadi daya tarik utama turis asing. Hewan tersebut masuk dalam kategori terancam punah sesuai undang-undang konservasi Australia yang disahkan pada 2012. Menurut Yayasan Koala Australia, spesies tersebut hanya tersisa di bawah 100 ribu ekor dengan perkiraan hanya 43 ribu saja di alam liar.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini