Image

Telefon Moon Jae-in, Presiden China Dukung Upaya Perdamaian Korsel-Korut

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 22:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 18 1843709 telefon-moon-jae-in-presiden-china-dukung-upaya-perdamaian-korsel-korut-Ow4Xj5Ra9J.JPG Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersama Presiden China Xi Jinping (Foto: Nicolas Asfouri/Reuters)

BEIJING – Presiden China, Xi Jinping, mendukung penuh upaya Korea Utara dan Korea Selatan untuk meningkatkan hubungan diplomatik. Dukungan tersebut disampaikan Xi Jinping kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in lewat sambungan telefon.

BACA JUGA: Presiden Korsel Siap Bertemu Kim Jong-un 

Harian China Daily melaporkan, Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa China berkeinginan untuk mendorong kerjasama dengan Korea Selatan. Sementara itu, menurut pernyataan Istana Kepresidenan Korea Selatan, Xi mendukung denuklirisasi Semenanjung Korea yang harus berjalanan paralel.

“Kedua pemimpin sepakat untuk menguatkan komunikasi dan kerjasama strategis,” bunyi pernyatan resmi Gedung Biru, Istana Kepresidenan Korea Selatan, mengutip dari Reuters, Rabu (11/1/2018).

Gedung Biru menambahkan, Xi dan Moon sama-sama berharap upaya perundingan antar-Korea pada Selasa 9 Januari itu dapat membawa resolusi yang damai terhadap isu nuklir Korea Utara. Keduanya juga berharap akan terciptanya perdamaian di Semenanjung Korea meski Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang sudah selesai.

Sebagaimana diketahui, perwakilan Korea Utara dan Korea Selatan bertemu pada 9 Januari di Desa Panmunjom untuk membahas partisipasi delegasi Pyongyang ke Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Februari mendatang. Perundingan tersebut adalah yang pertama kali digelar kedua Korea dalam dua tahun terakhir.

China, sebagai mitra sekaligus sekutu utama Korut, tentu mendukung penuh upaya perdamaian tersebut. Upaya perdamaian tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari membaiknya hubungan diplomatik antara Beijing dengan Seoul yang sempat renggang karena sistem antirudal THAAD, saat Moon Jae-in menyambangi Xi Jinping pada Desember 2017.

BACA JUGA: Mantap! Sempat Renggang Gara-Gara THAAD, Korsel-China Siap Normalisasi Hubungan

BACA JUGA: Presiden Korsel-China Bersumpah Tak Akan Ada Perang di Semenanjung Korea 

Sebagaimana diberitakan, Korsel bersikeras memasang THAAD untuk menangkal ancaman rudal Korea Utara. Akan tetapi, China menentang pemasangan tersebut karena menganggap radar THAAD dapat memindai wilayahnya sehingga membahayakan keamanan nasional.

Selain China, Rusia juga mendukung upaya perdamaian yang dijalin oleh kedua Korea. Moskow berharap agar kesepakatan-kesepakatan yang tercapai dapat meredakan tensi di Semenanjung Korea dan berkontribusi pada stabilitas serta keamanan di kawasan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini