Image

Kisah Tragis Orang-Orang yang Meninggal di Hari Ulang Tahun

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 18 1843767 kisah-tragis-orang-orang-yang-meninggal-di-hari-ulang-tahun-Ufb2YlzmIX.jpg Penyair Inggris, William Shakespeare, meninggal dunia saat berulang tahun ke-52 (Foto: Famous People)

HARI ulang tahun adalah salah satu hari paling membahagiakan dalam hidup manusia. Namun, nyatanya ada istilah ‘efek ulang tahun’ untuk menyebut orang-orang yang meninggal dunia tepat atau beberapa hari menjelang peringatan kelahiran mereka.

Menurut penelitian, alasan utama ‘efek ulang tahun’ adalah stres yang berhubungan dengan peringatan hari lahir tersebut. Salah satu dampak buruknya adalah meningkatnya konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang serta kecenderungan pasien yang sakit parah untuk menunda kematian hingga hari ulang tahun.

Berdasarkan studi di Amerika Serikat (AS), Inggris, Swiss, dan Jepang, angka kematian terlihat meningkat dalam beberapa hari jelang ulang tahun seseorang. Berikut adalah beberapa tokoh terkenal di antara orang-orang yang meninggal jelang atau tepat di hari ulang tahun, melansir dari The Vintage News, Jumat (12/1/2018):

1. Gertrude Astor

Gertrude adalah seorang aktris terkenal dengan rentang karier antara 1915-1942. Semasa hidupnya, Astor telah membintangi lebih dari 250 judul film. Gertrude Astor diketahui lahir pada 9 November 1887.

Ia meninggal dunia akibat penyakit stroke pada 9 November 1977 ketika berulang tahun ke-90. Gertrude Astor dimakamkan di Hollywood Forever Cemetery, California, Amerika Serikat.

2. Rafael

Bersama dengan Michaelangelo dan Leonardo Da Vinci, Rafael disebut-sebut sebagai salah satu pelukis hebat pada masa Renaissance. Karya-karyanya yang begitu mengagungkan detil menginspirasi banyak seniman di abad-abad berikutnya.

(Salah satu pelukis hebat dari masa Renaissance, Rafael, meninggal dunia tepat di ulang tahun ke-37. Foto: Vintage News)

Rafael diketahui meninggal dunia pada 6 April 1520, tepat pada ulang tahun ke-37. Penyebab pasti kematiannya tidak pernah diketahui. Akan tetapi, beberapa ahli sejarah meyakini Rafael meninggal di usia muda karena terlalu liar dalam menghabiskan malam bersama perempuan yang membuatnya tergila-gila, Margherita Luti.

3. George Francis Barnes

Kematian pasti datang kepada semua makhluk hidup tanpa terkecuali. Begitu juga penjahat terkenal bernama George Francis Barnes atau yang lebih dikenal dengan nama Machine Gun Kelly.

(Machine Gun Kelly meninggal dunia di dalam penjara saat menjalani hukuman seumur hidup. Foto: Wikipedia)

Gangster dan perampok terkenal itu meninggal dunia pada 18 Juli 1954, tepat pada ulang tahun ke-59. Barnes pergi untuk selamanya saat menjalani hukuman seumur hidup di Penjara Federal Penitentiary di Kansas, Amerika Serikat.

4. William Shakespeare

‘Apalah arti sebuah nama’ adalah sebuah ungkapan terkenal yang pernah terlontar dari penyair Inggris William Shakespeare. Pengarang novel Romeo dan Juliet itu juga meninggal dunia pada 23 April 1616 saat berulang tahun ke 52.

Penyebab kematian William Shakespeare juga tidak begitu diketahui. Namun, catatan sejarah menunjukkan sang penyair memiliki riwayat kesehatan yang baik hingga 20 hari sebelum kematiannya, di mana ia sempat menyelesaikan surat wasiatnya. Shakespeare diyakini oleh para peneliti meninggal akibat serangan jantung.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini